Mahasiswa KKN UNDIP Wujudkan Program Kerja Aquascape untuk Ekonomi Kreatif di Desa Kebak - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Mahasiswa KKN UNDIP Wujudkan Program Kerja Aquascape untuk Ekonomi Kreatif di Desa Kebak


(Penyerahan prototype aquascpe 
oleh mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponeogoro 
kepada Karangtaruna Tanjung Asri Desa Kebak)


Loetju.idDesa Kebak, 1 Agustus 2024. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro telah melaksanakan sebuah program inovatif bertema aquascape yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan warga desa dalam bidang seni dan ekologi perairan.

Program dengan nama “Pengenalan dan Pelatihan Pembuatan Aquascape untuk Meningkatkan Ekonomi Kratif Desa” ini merupakan program kerja dari salah satu anggota kelompok KKN yang ditempatkan di Desa Kebak, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar. Dengan diakannya program ini, mahasiswa berupaya untuk mengenalkan berbagai jenis gaya aquascape sebagai salah satu alternatif usaha kreatif desa sekaligus upaya pelestarian lingkungan.

Program ini diawali dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan dasar tentang aquascape, meliputi teknik dasar pembuatan, pemilihan tanaman air, serta pemeliharaan yang tepat. Pengenalan dan pelatihan ini diikuti oleh pemuda yang ada di Desa kebak dan dihadiri oleh Ketua Karangtaruna yang ada di Desa Kebak.
 
(Demo pembuatan aquascape dengan tema natural)

Program inovatif ini diharapkan mampu meningkatkan opsi tambahan untuk ekonomi kreatif di Desa Kebak dan mampu menjadi upaya pelestarian lingkungan. Bahan yang digunakan untuk pembuatan aquascape seperti batu dan tanaman air dapat ditemukan di lingkungan sekitar dengan pemilihan bahan yang tepat dapat diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual dan meningkatkan ekonomi kreatif di Desa Kebak.

Kehadiran Mahasiswa KKN Tim II UNDIP di Desa Kebak menunjukkan keterikatan antara masyarakat dan institusi pendidikan yang erat sehingga dapat menciptakan kegiatan yang nyata dan bersifat positif. Harapannya akan terdapat program-program serupa yang terus berlanjut di berbagai desa lainnya untuk mendukung ekonomi kreatif desa yang berkelanjutan.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..