Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melakukan Edukasi mengenai Penerapan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) dan Pemilahan Sampah Rumah Tangga - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 22 Agustus 2024

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melakukan Edukasi mengenai Penerapan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) dan Pemilahan Sampah Rumah Tangga




Loetju.idCepoko, Sragen (5 Agustus 2024) -  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro pada 5 Agustus 2024 mengadakan edukasi mengenai penerapan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) dan pemilahan sampah rumah tangga. Acara berlangsung di Balai Desa Cepoko, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Cepoko terhadap pentingnya mengelola sampah dengan baik dan benar. Kegiatan ini melibatkan seluruh masyarakat Desa Cepoko untuk belajar bersama serta mempraktikan bagaimana cara mengurangi produksi sampah, menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa dimanfaatkan, dan mendaur ulang sampah agar memiliki nilai guna.

Kegiatan dimulai dengan penjelasan konsep  3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) danpentingnya pemilahan sampah organik dan anorganik dalam rumah tangga kemudian dilanjutkan dengan pembagian poster 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) dan pemilahan sampah rumah tangga. Para hadirin diberikan pemahaman mengenai pemilahan sampah yang dapat mengurangi volume sampah yang harus diserahkan ke tempat pembuangan akhir (TPA) dan meningkatkan kesempatan untuk mendaur ulang material yang masih memiliki nilai ekonomi.

Mahasiswa UNDIP berharap agar edukasi yang mereka lakukan melalui sosialisasi ini dapat memberikan dampak jangka panjang bagi masyarakat Desa Cepoko. Program ini merupakan bukti nyata dari kontribusi mahasiswa dalam mendukung tercapainya lingkungan yang bersih dan sehat, serta sebagai langkah kecil dalam mengatasi permasalahan sampah di Indonesia. Melalui kerjasama antara mahasiswa, masyarakat, dan pemerintah desa, diharapkan Desa Cepoko dapat menjadi desa yang mencontohkan bagaimana mengelola sampah berbasis 3R yang baik dan benar.



Penulis: 
Rohmah Sofa Febriana

Jurusan/Fakultas: 
Teknik Lingkungan/Fakultas Teknik

Perguruan Tinggi: 
Universitas Diponegoro

Lokasi Kegiatan: 
Desa Cepoko, Kecamatan Sumberlawang
Kabupaten Sragen, Jawa Tengah

Dosen Pembimbing : 
Enda Wista Sinuraya, S.T, M.T

Editor:
Achmad Munanar


Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..