Mahasiswa Teknik Sipil KKN UNDIP Melakukan Edukasi Dan Pelatihan Pembuatan Lubang Biopori - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

Mahasiswa Teknik Sipil KKN UNDIP Melakukan Edukasi Dan Pelatihan Pembuatan Lubang Biopori



Loetju.id - Surakarta, 3 Agustus 2024 – Muchammad Bachtiar Maulana selaku Mahasiswa Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II 2023/2024 Universitas Diponegoro dari jurusan Teknik Sipil telah sukses melaksanakan kegiatan ”Edukasi dan Pelatihan Pembuatan Lubang Resapan Biopori” yang berlokasi di Taman May Virida 1, Kelurahan Mojosongo, Kota Surakarta.

Dilatar belakangi oleh RT 02, RW 29, Kelurahan Mojosongo yang terkenal dengan sebutan Kampung Bunga Ngemplak, serta memiliki Taman Bunga May Virida 1 yang menjadi ikon kampung tersebut. Mahasiswa Teknik Sipil KKN Undip melakukan program kerja edukasi dan pelatihan pembuatan lubang biopori.

Lubang resapan biopori menjadi salah satu alternatif dalam mengurangi sampah organik dalam rumah tangga dengan menimbun sampah organik kedalam lubang biopori. Tidak hanya itu, hasil dari timbunan tersebut dapat digunakan warga sebagai pupuk kompos untuk tanaman mereka dirumah.

 
Dalam kegiatan ini Mahasiswa Teknik Sipil KKN Undip menjelaskan terkait tujuan biopori, alat serta bahan pembuatan lubang biopori dan pemraktekan secara langsung pembuatan lubang biopori kepada warga. Pelatihan dilaksanakan di Taman May Virida 1, Kampung Bunga Ngemplak sebagai percontohan.

Pak Ari, selaku ketua RT 02 mengungkapkan rasa terima kasihnya. "Saya sangat terbantu dengan program ini. Sekarang, dengan dipasangnya pipa biopori ini diharapkan dapat menjadi alternatif membuat pupuk sendiri dari pada harus membeli,”ujarnya.

Program KKN ini mendapat respon positif dari ketua RT dan warga setempat.  Dengan terlaksana nya program ini, Muchammad Bachtiar Maulana sebagai Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Diponegoro berharap dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat di Kampung Bunga Ngemplak. 

"Saya berharap, melalui program ini, masyarakat dapat memanfaatkan lubang biopori menjadi media pembuatan pupuk kompos dan juga masyarakat dapat lebih memahami metode pembuatan lubang biopori ini," ujar Muchammad Bachtiar Maulana.


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..