Mahasiswa Tim II KKN Undip Ciptakan Kolam Terpal Lele sebagai Penggerak Roda Perekonomian Baru Desa Podo - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Mahasiswa Tim II KKN Undip Ciptakan Kolam Terpal Lele sebagai Penggerak Roda Perekonomian Baru Desa Podo



Loetju.id - Pekalongan (30/07/2024) - Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro 2023/2024 menyelenggarakan Pembuatan Terpal Kolam Lele di Desa Podo, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan pada hari Selasa, 30 Juli 2024. 

Program "Pelatihan dan Pembuatan Kolam Terpal iini merupakan program budidaya ikan lele. Bentuk kolam terpal yang dibuat dengan ukuran 2x1x50 m dan ditebar benih lele sebanyak 500 ekor. 

Lokasi pembuatan kolam terpal lele dibuat di Desa Podo. Pembuatan kolam terpal lele dilakukan  di Desa Podo karena memiliki pasukan air yang melimpah, namun potensi tersebut belum dipergunakan secara maksimal oleh masyarakat. Selain itu salah satu tujuan dari program yang dilaksanakan ini adalah ingin mengenalkan lebih lagi ke masyarakat terkait pentingnya mengkonsumsi ikan, dengan harapan nantinya ikan lele yang terdapat di kolam tersebut dapat dijaga dan dibudidayakan maupun dikonsumsi, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. 


Program ini merupakan langkah awal untuk memberikan edukasi nyata kepada masyarakat Desa Podo mengenai usaha kecil yang bernilai ekonomis dengan memanfaatkan lahan yang kosong dan potensi air yang melimpah. Pelaksanaan program kolam terpal lele ini didukung oleh warga sekitar serta antusiasme Ibu-ibu, Bapak-bapak Desa Podo. 

Harapan setelah diselesaikan program kolam terpal lele ini warga masyarakat Desa Podo dapat melanjutkan dan membudidayakan ikan lele dengan baik untuk kedepannya.



Penulis:
Winda Putri Kurniawati

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..