Mahasiswa TIM II KKN UNDIP Pentingnya Air Bersih Untuk Ibu dan Anak Dengan Filter Air - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Mahasiswa TIM II KKN UNDIP Pentingnya Air Bersih Untuk Ibu dan Anak Dengan Filter Air




Loetju.id - Pekalongan (3/08/2024) - Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro 2023/2024 menyelenggarakan Pentingnya Air Bersih Untuk Ibu dan Anak Dengan Filter Air di Desa Podo, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024. 

Salah satu program KKN yang saya laksanakan adalah “Pengolahan Air untuk Kegiatan Sehari-hari” yang diadakan berdasarkan Tujuan SDGs ke 6 yaitu “Memastikan ketersediaan dan manajemen air bersih yang berkelanjutan dan sanitasi bagi semua” dan Target ke 3 “Pada tahun 2030, memperbaiki kualitas air dengan mengurangi polusi, menghapuskan pembuangan limbah dan meminimalisir pembuangan bahan kimia dan materi berbahaya, mengurangi separuh dari proporsi air limbah yang tidak diolah dan secara substansial meningkatkan daur ulang dan penggunaan ulang yang aman secara global”. 

Saya telah melaksanakan program “Pentingnya Air bersih  Ibu dan Anak Dengan Filter Air” melalui booklet yang saya berikan kepada waktu acara Posyandu ibu hamil di Balai Desa Desa Podo.

 
Seiring dengan perkembangan zaman, jumlah manusia semakin bertambah yang berarti sampah yang dihasilkan manusia juga akan bertambah yang akan mengakibatkan penurunan kualitas lingkungan dan air karena tercemar oleh limbah. Penyebab lain penurunan kualitas air adalah meningkatnya aktivitas manusia yang tidak bijaksana yang menyebabkan pencemaran air pada sumber air. Kondisi ini dapat terjadi karena air menerima beban pencemaran yang melebihi daya dukungnya.

Filter air merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menyaring dan menghilangkan kontaminan di dalam air dengan menggunakan penghalang atau media, baik secara proses fisika, kimia maupun biologi. Manfaat filter air yang paling utama adalah menyaring air agar tetap bersih, aman, dan layak untuk dikonsumsi atau digunakan sehari-hari. 

Untuk membuat filter air bahan yang dibutuhkan yaitu Gunting atau cutter (untuk memotong botol air mineral) Botol plastik air mineral ukuran 1.500 ml (sebagai wadah penyaringan air) Tisu (sebagai lapisan pertama penyaringan) Kapas (sebagai lapisan kedua penyaringan) Kerikil (sebagai lapisan ketiga penyaringan) Pasir (sebagai lapisan keempat penyaringan) Arang (sebagai lapisan kelima penyaringan) Batu (sebagai lapisan keenam penyaringan) Tisu (sebagai lapisan terakhir penyaringan) Bak penampung (mangkok atau alat serupa untuk menampung air yang disaring).



Penulis : 
Winda Putri Kurniawati

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..