Membangun Generasi Muda Pandai Menjadi Juru Bicara, Mahasiswa KKN Undip Menginisiasi Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Ilmu Public Speaking - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Membangun Generasi Muda Pandai Menjadi Juru Bicara, Mahasiswa KKN Undip Menginisiasi Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Ilmu Public Speaking

 


Loetju.id - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) melakukan pelatihan dan pendampingan dalam mengimplementasikan ilmu public speaking pada Sabtu, (27/072024) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Kendel. 

Menilik kondisi dari adanya atmosfer belajar  di sekolah- sekolah pada Desa Kendel, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali memiliki potensi yang besar untuk terus dikembangkan. Mulai dari tenaga didik hingga peserta didik yang ada memiliki potensi serta komitmen yang kuat untuk menjalani kegiatan belajar mengajar di sekolah. Selain itu, melihat dari kacamata lainnya, anak- anak baik pada jenjang sekolah dasar sudah mampu merancang keinginan dan orientasi ke depannya. Sehingga, sangat disayangkan apabila belum ada gebrakan baru untuk mendorong potensi tersebut menjadi semakin besar. 

Mahasiswa KKN Undip, Jilan Nafihanan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) S1 Ilmu Komunikasi menginisiasi Gerakan Muda Pandai Menjadi Juru Bicara dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan dalam mengimplementasikan ilmu public speaking untuk menunjang karir dan orientasi ke depan kepada anak anak dengan jenjang sekolah dasar. Hal ini menjadi cukup signifikan dengan melihat bahwa kemampuan ini perlu dipahami dan diterapkan sebagai kemampuan dasar yang akan berguna untuk masa depan. 

“Memang harapan daripada adanya inisiasi Gerakan muda Pandai Menjadi Juru Bicara ini untuk memberikan pemahaman dasar sekaligus melakukan praktik sederhana kepada anak anak SD yang dapat berguna untuk menunjang cita-cita mereka nantinya.” ujar Jilan

Pentingnya keterlibatan aktif dari siswa sehingga pelatihan dan pendampingan dimulai dengan memberikan penjelasan pentingnya kemampuan public speaking yang kemudian dilanjut dengan praktik sederhana yang bisa dilakukan. Praktik dilakukan dengan siswa- siswi mencoba menceritakan cita- cita dan mimpi mereka ke depan dengan tutur bahasa dan teknik public speaking yang baik. 

Bertempat di SD Negeri 1 Kendel, kegiatan dilakukan untuk mengisi waktu kegiatan belajar mengajar (KBM) dan diikuti oleh kelas 4 dan 5 jenjang sekolah dasar. Mendapati ucapan terimakasih karena pelatihan dan pendampingan dilalukan dengan baik dan dikemas lebih kreatif sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. 

“Ketika belajar tentang public speaking, sangat menyenangkan karena diajak bermain jadi ga bikin bosen dan kreatif. Terimakasih untuk kakak KKN Undip sudah mau mengisi kegiatan di kelas kami.” Ujar salah satu siswi SD Negeri 1 Kendel. 



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..