Membangun Karakter Kuat, Menjauhi Narkoba : Mahasiswa KKN UNDIP penyuluhan Gerakan Anti Narkoba pada Remaja - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 18 Agustus 2024

Membangun Karakter Kuat, Menjauhi Narkoba : Mahasiswa KKN UNDIP penyuluhan Gerakan Anti Narkoba pada Remaja


Gambar 1. Pelaksanaan Penyuluhan 
Gerakan Anti Nakoba (dokpri)


Loetju.id - Tim KKN II Undip telah berhasil melaksanakan program pencegahan penyalahgunaan narkoba di wilayah Kelurahan Nusukan Dengan tema "Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Melalui Edukasi dan Pembinaan Karakter Remaja", penyampaian penyuluhan ini dilakukan oleh mahasiswa bernama Ridho Tri Cahyono dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro . Kegiatan ini menyasar para remaja sebagai sasaran utama. Berbagai kegiatan menarik telah dilakukan, mulai dari penyuluhan bahaya narkoba, dan diakhiri dengan penanda tanganan gerakan anti narkoba oleh remaja sekitar . Melalui kegiatan ini, diharapkan para remaja dapat lebih memahami dampak buruk narkoba dan memiliki bekal untuk menolak segala bentuk penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan dilaksanakan sebanyak 2 kali. Penyuluhan pertama dilakukan pada tanggal 27 Juli 2024 bertempat di Posyandu Remaja RW 09 dengan sasaran remaja yang ada di wilayah RW 09 Kelurahan Nusukan dan penyuluhan kedua dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2024 bertempat di Taman Cerdas Nusukan dengan sasaran remaja Karang Taruna RW 16 Kelurahan Nusukan. Penyuluhan dilakukan dengan penyampaian materi yang mencakup :

● Pengertian Narkotika sesuai dengan UU NO 35 Tahun 2009 tentang Nakotika

● Jenis-jenis Narkotika 

● Bahaya narkotika bagi tubuh dan lingkungan

● Peran masyarakat dalam pencegahan penyalahgunaan Narkotika sesuai dengan UU NO 35 Tahun 2009 


Gambar 2. penanda tanganan gerakan 
anti narkoba (dokpri)

Setelah sesi penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Puncak acara adalah penandatanganan komitmen bersama untuk hidup sehat dan bebas narkoba oleh seluruh peserta. Melalui kegiatan ini, diharapkan generasi muda di wilayah Kelurahan Nusukan dapat menjadi generasi yang berkualitas dan bebas dari pengaruh narkoba."

Upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba terus dilakukan. Salah satunya oleh Tim KKN II Undip yang menggelar program " Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Melalui Edukasi dan Pembinaan Karakter Remaja " di wilayah Kelurahan Nusukan. Program ini berhasil meningkatkan kesadaran para remaja akan bahaya narkoba dan pentingnya memiliki karakter yang kuat. Terlihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan. Selain itu, program ini juga berhasil mempererat hubungan antara remaja dan tokoh masyarakat.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..