Mendukung Inovasi Teknologi, Tendik dan Siswa SDN Wirun 03 Siap Mengembangkan Skill Desain dengan Canva Melalui Pelatihan yang Dilakukan Mahasiswa KKN UNDIP - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

Mendukung Inovasi Teknologi, Tendik dan Siswa SDN Wirun 03 Siap Mengembangkan Skill Desain dengan Canva Melalui Pelatihan yang Dilakukan Mahasiswa KKN UNDIP




Loetju.id -Wirun, Sukoharjo – Pelatihan berjudul “Berpetualang Membuat Presentasi dengan Canva sebagai Pengembangan Kemampuan yang Berkelanjutan” telah dilaksanakan pada hari Selasa - Rabu, 23 - 24 Juli 2024 di SDN Wirun 03 yang ditujukan bagi tenaga pendidik dan siswa-siswi kelas 5 dan 6. Kegiatan diadakan oleh Arynda Anna Salsabiela sebagai pendampingan dari salah satu program kerja KKN TIM II UNDIP di Desa Wirun. Pelatihan ini berfokus pada desain slide presentasi guna menunjang pemberian materi yang lebih mengasyikkan serta pengembangan kemampuan desain siswa sedari dini.

Pentingnya kemampuan desain dengan kemajuan teknologi yang menghasilkan banyaknya aplikasi yang memudahkan masyarakat menjadi landasan dari penyelenggaraan kegiatan ini sebagai pengenalan dan pelatihan desain dengan Canva agar tenaga pendidik dan siswa dapat terbiasa dan semakin mahir dalam mengembangkan desain sesuai kreativitasnya.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Sekolah SDN Wirun 03, Sawitriningsih. Beliau berharap pelatihan yang dilakukan dapat terus diterapkan tendik dan siswa. “Semoga materi yang disampaikan dari KKN Universitas Diponegoro bermanfaat dan bisa diterapkan, mari bersama-sama menyimak,” ujarnya.

Pelatihan ini disambut antusias oleh tenaga pendidik dan siswa. Selama kegiatan berlangsung, peserta belajar mengenai fitur Canva yang menunjang pembuatan slide presentasi seperti berbagai template variatif siap pakai, alat pengeditan teks dan gambar, penambahan elemen, dan media yang dapat diunggah untuk mempercantik slide presentasi. 

Arynda selaku pemateri juga memberikan praktik langsung penggunaan Canva dalam pembuatan slide presentasi tahap demi tahap untuk memudahkan pemahaman peserta. Di akhir pelatihan, diberikan kesempatan untuk salah 1 peserta mencoba membuat slide presentasi sebagai praktik atas materi yang telah diberikan. Kemudian terdapat sesi pemberian hadiah untuk 2 peserta yang praktik membuat presentasi dan berani menjawab pertanyaan yang diberikan.

 
Acara ini tidak hanya meningkatkan keterampilan desain peserta, tetapi juga menjadi jalan pembuka ruang kreativitas positif dari kemajuan teknologi yang berkembang pesat. Dengan adanya pelatihan ini, tenaga pendidik dan siswa SDN Wirun 03 siap meningkatkan kualitas komunikasi visual dan menciptakan lingkungan sekolah yang lebih inovatif.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..