Mengenal Kebudayaan Jawa Tengah Bersama Mahasiswa KKN TIM II UNDIP di SD N Wringingintung 02 - Comedy, Indie and Creativity

Sabtu, 10 Agustus 2024

Mengenal Kebudayaan Jawa Tengah Bersama Mahasiswa KKN TIM II UNDIP di SD N Wringingintung 02

 

Loetju.id - Batang, 27 Juli 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II 2023/2024 Universitas Diponegoro (UNDIP), Verena Rossa Ananda dari Program Studi Antropologi Sosial, telah melaksanakan kegiatan pengenalan budaya Jawa Tengah pada siswa – siswi SD N Wringingintung 02, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja monodisiplin KKN dengan tujuan untuk mengedukasi anak-anak mengenai warisan kebudayaan lokal.

Pada kegiatan tersebut, Verena menyiapkan materi dan aktivitas yang menarik dengan melibatkan siswa-siswi kelas 2 SD N Wringingintung 02. Materi yang disampaikan mencakup beberapa aspek kebudayaan Jawa Tengah, seperti rumah adat, pakaian tradisional, tarian tradisional, alat musik tradisional, dan makanan tradisional yang sekarang ini mulai jarang dikenal oleh generasi alpha. 

Acara dimulai dengan penjelasan mengenai aspek kebudayaan dan pentingnya melestarikan kebudayaan Jawa Tengah. Penjelasan materi diberikan dengan singkat dan jelas sehingga dapat secara mudah dipahami dan anak-anak dapat lebih mengenali kebudayaan yang ada di sekitar mereka. Setelah sesi pemaparan materi, siswa-siswi diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan mewarnai bertemakan kebudayaan Jawa Tengah. Mereka mewarnai gambar secara berkelompok dengan tujuan untuk melatih kerjasama dan kesabaran anak-anak. Kegiatan tersebut disambut antusias oleh para siswa.
 
“Aku senang sekali karena bisa belajar bersama tentang budaya Jawa Tengah bareng kakak-kakak KKN dari UNDIP,” ucap Ikrom, salah satu siswa kelas 2 SD N Wringingintung 02 dengan penuh semangat. 

Wali Kelas 2 SD N Wringingintung 02, Ibu Tya, juga menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan ini. “Terimakasih telah menyempatkan untuk mengisi kegiatan di kelas 2, kegiatannya sangat bermanfaat untuk anak-anak, karena mereka tidak hanya belajar mengenai budaya yang ada di Jawa Tengah, tetapi juga belajar meningkatkan kesabaran dan saling bekerjasama dalam kegiatan mewarnai gambar,” ujarnya. 

Verena juga memberikan apresiasi kepada siswa-siswi yang berhasil menjawab pertanyaan serta kelompoknya dapat mewarnai gambar dengan komposisi warna yang pas dan rapi dengan memberikan beberapa hadiah. Kegiatan pengenalan kebudayaan ini diakhiri dengan penyerahan output dari mahasiswa KKN berupa poster mengenai kebudayaan Jawa Tengah dan foto bersama untuk dokumentasi.


Dengan adanya program kerja seperti ini, mahasiswa KKN TIM II UNDIP berharap bisa memberikan kontribusi yang nyata dalam melestarikan dan menjaga kebudayaan Jawa Tengah, serta menciptakan rasa cinta terhadap budaya lokal di kalangan generasi alpha. 
 



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..