Mengubah Sampah Jadi Emas! Mahasiswa UNDIP Sulap Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cair - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 11 Agustus 2024

Mengubah Sampah Jadi Emas! Mahasiswa UNDIP Sulap Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cair

 

Loetju.id - Singodutan, Selogiri, Wonogiri (08/08/2024) - Dalam upaya memberdayakan masyarakat dan menjaga lingkungan, Pricilya Mumtaz selaku Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro 2023/2024, melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan sabun cair dari limbah minyak jelantah. Kegiatan ini diadakan untuk ibu-ibu PKK Dusun Matah, Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah pada Kamis, 08 Agustus 2024.

Limbah minyak jelantah dapat berpotensi mencemari lingkungan jika tidak dikelola dengan baik dan menyebabkan berbagai penyakit jika dikonsumsi. Hal tersebut dikarenakan pada minyak jelantah terdapat kandungan senyawa-senyawa berbahaya seperti senyawa karsinogenik yang dapat menyebabkan penyakit kanker, senyawa berkarbon seperti selulosa dan hemiselulosa yang berperan sebagai penjernih minyak tetapi juga berdampak negatif pada lingkungan. Selain itu, pemanasan berulang pada minyak jelantah dapat menghasilkan peroksida dan hidroperoksida yang merupakan radikal bebas yang berisiko merusak kesehatan dan pencemaran lingkungan.

Banyaknya dampak negatif dari limbah minyak jelantah diperlukan solusi untuk memanfaatkan minyak jelantah secara produktif dengan mendaur ulang limbah minyak jelantah, salah satunya menjadi produk sabun cair. Proses ini tidak hanya membantu mengurangi limbah minyak yang berbahaya, tetapi juga menghasilkan produk yang berguna untuk kebersihan sehari-hari. Pembuatan sabun cair dari minyak jelantah melibatkan proses saponifikasi, di mana minyak tersebut dicampur dengan bahan kimia seperti Kalium Hidroksida (KOH) untuk menghasilkan sabun yang efektif membersihkan kotoran dan lemak. Sabun cair yang dihasilkan dari daur ulang minyak jelantah ini juga bisa diperkaya dengan aroma dan pewarna alami, sehingga menjadi produk yang tidak kalah dengan sabun komersial lainnya.

Pada pelatihan pembuatan sabun cair dari minyak jelantah para ibu-ibu PKK dusun Matah di desa Singodutan diajarkan langkah-langkah pembuatan sabun cair dengan cara diskusi interaktif dan diberikan brosur sebagai pegangan agar dapat mencobanya di rumah masing-masing.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari ibu-ibu PKK, “Ini pengalaman yang sangat bermanfaat, karena biasanya minyak jelantah hanya dibuang. Disini jarang sekali ada pelatihan seperti ini” ujar salah satu peserta. Selain meningkatkan keterampilan, kegiatan ini juga membuka wawasan baru tentang pentingnya pengelolaan limbah rumah tangga dengan baik.



Penulis : 
Pricilya Mumtaz

Departemen/Fakultas : 
Kimia/Fakultas Sains dan Matematika

DPL : 
Rully Rahadian., M.Si., PhD

Lokasi KKN : 
Kelurahan Selogiri
Kecamatan Singodutan, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..