Meningkatkan Kesadaran Keamanan Digital, Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Pelatihan Keamanan Siber dan Pengelolaan Risiko Online bagi Ibu-ibu PKK di Kelurahan Danukusuman - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Agustus 2024

Meningkatkan Kesadaran Keamanan Digital, Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Pelatihan Keamanan Siber dan Pengelolaan Risiko Online bagi Ibu-ibu PKK di Kelurahan Danukusuman


Pelatihan Keamanan Siber, Pengelolaan Risiko 
dan Ancaman dan Penanggulangan Penipuan Online


Loetju.idSurakarta (6/8/2024) - Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, ancaman terhadap keamanan siber menjadi isu yang semakin mendesak. Penggunaan teknologi yang kian meningkat dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk bisnis dan komunikasi, membawa risiko baru yang harus dihadapi oleh masyarakat, terutama mereka yang kurang memahami bahaya dari aktivitas online. Menyadari pentingnya pemahaman tentang keamanan siber, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim II 2023/2024 menyelenggarakan Pelatihan Keamanan Siber dan Pengelolaan Risiko Online bagi ibu-ibu PKK di Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan, Surakarta.
 
Pelatihan ini diadakan pada tanggal 6 Agustus 2024 di pendopo Kelurahan Danukusuman, dengan dihadiri oleh sejumlah ibu-ibu PKK yang sangat antusias mengikuti program ini. Alizza Afra Afifah yang merupakan Mahasiswa Jurusan Informatika Fakultas Sains dan Matematika sebagai salah satu pemateri menyampaikan berbagai informasi penting mengenai ancaman penipuan online yang sering terjadi, seperti penipuan via telepon, media sosial, pekerjaan online, phishing, investasi, amal atau donasi, belanja online, serta penipuan asmara (romance scam). Selain itu, mereka juga memberikan panduan mengenai cara-cara untuk menanggulangi penipuan serta langkah-langkah yang harus diambil jika menjadi korban penipuan online.
 
Pentingnya Pendidikan Keamanan Digital bagi Masyarakat

Program ini mendapat respon positif dari peserta yang merasa mendapatkan wawasan baru mengenai bahaya dan risiko yang ada di dunia digital. “Memang pelatihan tentang penipuan online disini sekarang itu penting mba”  berikut testimoni dari Ibu Wening Idayani selaku Ketua PKK Kelurahan Danukusuman. Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, ibu-ibu PKK di Kelurahan Danukusuman dapat lebih waspada dan mampu melindungi diri serta keluarga dari berbagai ancaman penipuan yang marak di era digital ini.

 


Penulis: 
Alizza Afra Afifah 
(Fakultas Sains dan Matematika/24060121140135)

DPL: 
Fajrin Pramana Putra S.P., M.Sc.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..