Meningkatkan Partisipasi Masyarakat: Mahasiswi KKN Universitas Diponegoro Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Rancangan Pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Agustus 2024

Meningkatkan Partisipasi Masyarakat: Mahasiswi KKN Universitas Diponegoro Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Rancangan Pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa




Loetju.idPartisipasi masyarakat dalam pembuatan Rancangan Pembangunan Desa merupakan hal yang sangat penting. Dengan adanya partisipasi masyarakat, maka dapat dikatakan adanya demokrasi. Terdapat Kendala partisipasi masyarakat dalam musyawarah desa dapat berupa kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya partisipasi, kurangnya waktu dan sumber daya, serta kurangnya dukungan dari pemerintah desa.

Musyawarah desa adalah proses perencanaan pembangunan desa yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Partisipasi masyarakat dalam musyawarah desa sangat penting karena masyarakat memiliki pengetahuan yang paling mendalam tentang kebutuhan dan masalah di desa mereka. Oleh karena itu, partisipasi masyarakat dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan desa dan memastikan bahwa kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Dalam hal ini mahasiswa Universitas Diponegoro mengupayakan adanya partisipasi masyarakat dalam Rancangan Pembangunan Desa melalui  Musyawarah Desa. Partisipasi masyarakat di Desa Morobongo kurang, sehingga dengan adanya program tersebut dapat meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya partisipasi masyarakat melalui musyawarah desa. Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro memberikan infografis atau edukasi mengenai partisipasi masyarakat dalam Musyawarah Desa. 

 
Sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam musyawarah desa dapat dilakukan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya partisipasi, memberikan waktu dan sumber daya yang cukup, serta memberikan dukungan dari pemerintah desa. Pemerintah desa juga harus memberikan pengarahan kepada masyarakat bagaimana prosedur menyampaikan aspirasi dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa.

Diharapkan dengan adanya edukasi dan pembuatan infografis mengenai Pentingnya Partisipasi Masyarakat melalui Musyawarah Desa ini dapat memberikan dampak yaitu meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat.. Dengan adanya program kerja tersebut dapat memberikan pengaruh yang baik dan masyarakat desa menjadi meningkat kesadarannya dalam rancangan pembangunan desa khususnya yaitu dalam pemerintahan. Partisipasi masyarakat melalui musyawarah desa menjadi salah satu wadah bagi masyarakat untuk memberikan aspirasi dan kritik untuk pembangunan desa selanjutnya.



Penulis :
Rahma Ayuning Tyas Aviantri/14010121140110

Jurusan / Fakultas :
Ilmu Pemerintahan/ Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Dosen Pembimbing Lapangan :
Sukiswo S.T., M.T

Lokasi :
Desa Morobongo, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..