Menjadi Kuat : Membangun Ketahanan Mental Bagi Perangkat Desa Melalui Manajemen Stres Kerja - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Menjadi Kuat : Membangun Ketahanan Mental Bagi Perangkat Desa Melalui Manajemen Stres Kerja

 


Loetju.id - Klaten, 13 Agustus 2024 - Pada dunia kerja, stres diartikan sebagai kejenuhan dalam bekerja akibat banyaknya tekanan yang menyebabkan perasaan tidak menyenangkan sehingga pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik. Banyaknya tugas yang harus diselesaikan oleh perangkat desa dan berbagai peran yang diambil dapat menjadi penyebab terjadinya stres.

Padahal, stres dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti kecemasan, depresi dan gangguan tidur serta penurunan produktivitas akibat terganggunya konsentrasi yang dapat mempengaruhi kemampuan pengambilan keputusan.

Oleh karena itu, dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas perangkat desa, Mahasiswi KKN Tim II Undip mengadakan program psikoedukasi manajemen stress kerja kepada para perangkat Desa Turus. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 5 Agustus 2024 di Balai Desa Turus dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan perangkat desa mengenai bahaya stres dan cara memanajemen stres kerja dalam kehidupan sehari-hari.


Pada pelaksanaan kegiatan, Miranda Rossa Uli dari Fakultas Psikologi Undip memberikan materi mengenai faktor penyebab stres kerja dan strategi dalam menghadapi stres kerja. Selain itu, perangkat desa diberikan buku saku berjudul “Menjadi Kuat : Strategi Manajemen Stres Kerja untuk Kehidupan yang Lebih Seimbang.” Buku tersebut memuat materi yang telah dipaparkan dengan harapan dapat dipelajari kembali serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari perangkat desa.

Harapannya melalui kegiatan ini, ilmu yang diberikan dapat meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kualitas hidup perangkat Desa Turus selaku garda terdepan untuk mewujudkan desa yang maju dan sejahtera.



Penulis : 
Miranda Rossa Uli Siregar 
(Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro)

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..