Mewujudkan Good Governance: Mahasiswa KKN Undip Membuat Visualisasi Alur dan Persyaratan Pelayanan Administrasi di Kelurahan Kepatihan Kulon - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

Mewujudkan Good Governance: Mahasiswa KKN Undip Membuat Visualisasi Alur dan Persyaratan Pelayanan Administrasi di Kelurahan Kepatihan Kulon

 


Loetju.id - SURAKARTA (12/8/2024) - Pelayanan adminstrasi merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah kepada masyarakat dengan memberikan layanan administrasi. Adapun salah satu tugas pokok yang harus dijalankan oleh pemerintah adalah memberikan layanan administrasi yang dibutuhkan oleh masyarakat seperti pengurusan Kartu Keluarga, E-KTP, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Identitas Anak (KIA), dan Perpindahan Penduduk. Adanya alur pelayanan administrasi kependudukan merupakan salah satu implementasi dari Good Governance yang ditujukan untuk masyarakat supaya dapat membantu masyarakat dalam memahami alur kepengurusan dokumen. Dengan demikian diharapkan dapat meminimalisir terjadi kesalahan mengenai alur pelayanan.

Berdasarkan survey dan observasi yang dilaksanakan di Kelurahan Kepatihan Kulon bersama dengan perangkat kelurahan ditemukan masalah terkait dengan pelayanan dokumen kependudukan, yakni belum tersedianya informasi terkait dengan prosedur dan syarat-syarat pelayanan secara tertulis. Masalah yang sering muncul di lapangan bahwa seringkali masyarakat kurang mengetahui dan sulit memahami bagaimana prosedur dan persyaratan pengurusan dokumen. 

Merespon masalah tersebut, salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023/2024 Kelurahan Kepatihan Kulon, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Aisyah Fieta Pambayun dari Program Studi Ilmu Pemerintahan, menyusun program keilmuan yakni Penyusunan dan Pembuatan Visualisasi Alur dan Persyaratan Pelayanan Administrasi di Kelurahan Kepatihan Kulon. 

Strategi menuju Good Governance terus diupayakan di wilayah Kelurahan Kepatihan Kulon, seperti halnya adanya kolaborasi antara mahasiswa KKN UNDIP dan pemerintah kelurahan setempat. Dalam rangka program kerja KKN, mahasiswa KKN UNDIP berkontribusi untuk mengambil peran aktif dalam optimalisasi alur dan persyaratan administrasi kependudukan di Kantor Kelurahan Kepatihan Kulon melalui dukungan visualisasi alur dan persyaratan pelayanan administrasi yang berupa standing banner sebagai media informasi pelayanan yang inovatif, informatif, dan mudah dipahami oleh masyarakat. 

Banner alur dan persyaratan pelayanan administrasi memiliki peran yang sangat krusial dalam menjembatani komunikasi dalam pemberian informasi kepada masyarakat secara visual. Mahasiswa berharap bahwa dengan adanya banner ini, masyarakat dapat lebih mudah memahami dan mengerti langkah-langkah dan persyaratan yang diperlukan dalam proses pelayanan administrasi. Oleh karena itu, banner alur pelayanan yang inventif ini mampu berkontribusi dalam upaya untuk mengimplementasikan Good Governance dengan lebih efektif dan efisien. 



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..