Navigasi Masa Depan : Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Menciptakan Peta Kepadatan Penduduk Desa untuk Pembangunan Cerdas Desa Kadipaten - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Agustus 2024

Navigasi Masa Depan : Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Menciptakan Peta Kepadatan Penduduk Desa untuk Pembangunan Cerdas Desa Kadipaten


Gambar 1. Sosialisasi Terkait Pengadaan Peta Kepadatan Penduduk 
Desa Kadipaten Bersama Kepala Desa Kadipaten, Senin (29/07/2024), 
foto: dokumentasi penulis)


Loetju.id - Pekalongan, Senin (12/08/24) - Desa Kadipaten yang terletak di Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, saat ini berupaya untuk memperbaiki perencanaan dan pengelolaan pembangunan desa berdasarkan data dinamika pertumbuhan penduduk desa. Pertumbuhan ini disertai dengan berbagai tantangan, termasuk meningkatnya permintaan terhadap infrastruktur dan layanan publik, serta tekanan terhadap sumber daya alam dan lingkungan.

Selain itu, Desa Kadipaten juga berupaya mengantisipasi potensi permasalahan yang mungkin timbul akibat pertumbuhan penduduk yang tidak proporsional. Masalah lingkungan seperti polusi dan pengelolaan sampah merupakan contoh potensi permasalahan yang dapat terjadi di Desa Kadipaten. Berdasarkan dari masalah tersebut juga akan menimbulkan permasalahan kesehatan pada masyarakat daerah padat penduduk. Oleh karena itu, pengadaan peta kepadatan penduduk Desa Kadipaten merupakan hal yang sangat penting.

Peta kepadatan penduduk Desa Kadipaten merupakan alat yang penting untuk memahami sebaran dan konsentrasi penduduk di berbagai wilayah di Desa Kadipaten. Peta ini mewakili jumlah penduduk yang tinggal di setiap RT dalam desa dan dengan jelas memvisualisasikan wilayah dengan kepadatan penduduk menjadi tinggi, sedang, dan rendah.

Bapak Faiz Makmun, Kepala Desa Kadipaten, menguraikan, “Dengan peta ini, kami bisa melihat di mana konsentrasi penduduk tertinggi sehingga kami dapat merencanakan pembangunan infrastruktur dan layanan publik yang sesuai dengan kebutuhan warga. Peta ini juga menjadi salah satu bentuk informasi desa kepada khalayak umum di luar desa Kadipaten yang belum ada sebelumnya.”

Proses pembuatan peta kepadatan penduduk Desa Kadipaten dilakukan berdasarkan beberapa tahapan utama. Tahapan utama tersebut dalam pembuatan peta kepadatan penduduk Desa Kadipaten ini yaitu pemetaan lapangan dan pemodelan peta.

Pembuatan peta kepadatan penduduk merupakan upaya kolaborasi antara pemerintah desa dan masyarakat desa setempat. Proses ini melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber, termasuk sensus penduduk terkini, data dinas kependudukan, dan observasi lapangan. Proses-proses tersebut dikemas dalam suatu kegiatan yang dinamakan pemetaan kepadatan penduduk desa. Pemetaan kepadatan penduduk desa dilakukan dengan bantuan software seperti google maps, google earth, dan microsoft excel.

Tahap pemodelan peta menjadi langkah akhir dalam pembuatan peta kepadatan penduduk desa. Pemodelan peta dilakukan dengan menggunakan software pemetaan ArcMap 10.8, google earth, dan microsoft excel. Pemodelan peta kepadatan penduduk dibuat berdasarkan data yang telah dikumpulkan sebelumnya, seperti hasil pemetaan daerah Desa Kadipaten, hasil pengolahan data sensus penduduk terbaru, dan data citra satelit peta rupa bumi Indonesia. Pengelompokan daerah padat penduduk dihitung berdasarkan jumlah penduduk setiap RT dibagi dengan luas wilayah (hektare) setiap RT.
 
Gambar 2. Penyerahan Peta Kepadatan Penduduk Desa Kadipaten 
Kepada Kepala Desa Kadipaten, Selasa (30/07/2024), 
(foto: dokumentasi penulis)

Penyerahan hasil pengolahan peta kepadatan penduduk Desa Kadipaten dikemas dalam bentuk peta kepadatan penduduk Desa Kadipaten dengan ukuran kertas A2 beserta bingkainya. Penyerahan peta tersebut mendapatkan respons dan apresiasi yang baik dari Kepala Desa Kadipaten. 

Peta kepadatan penduduk Desa Kadipaten ini merupakan langkah awal untuk Desa Kadipaten berkembang. Pengadaan peta tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan Desa Kadipaten, seperti perencanaan infrastruktur yang diperlukan sesuai dengan distribusi populasi, memastikan bahwa layanan publik dapat diakses oleh semua penduduk dengan efisien, pemantauan perubahan populasi serta dampaknya terhadap lingkungan, dan nilai positif untuk pengusaha dalam memetakan tempat usahanya pada daerah padat penduduk.



Penulis: 
Muhammad Reyfian Aldika

Fakultas/Prodi: 
Fakultas Teknik / Teknik Geologi

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Ni Kadek Dita Cahyani, S.Si, M.Si, Ph.D. 

Lokasi: 
Desa Kadipaten, Kecamatan Wiradesa
Kabupaten Pekalongan.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..