Optimalisasi Branding TPQ Baitul Munajat di Instagram : Mahasiswi KKN Tim II UNDIP Memberikan Pelatihan Pembuatan Video Profile TPQ - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

Optimalisasi Branding TPQ Baitul Munajat di Instagram : Mahasiswi KKN Tim II UNDIP Memberikan Pelatihan Pembuatan Video Profile TPQ



Loetju.idJuwangi, Kabupaten Boyolali (25/07/2024) - Pada minggu ke-2 tim II KKN UNDIP Desa Juwangi mulai melaksanakan Program Monodisiplin. Nabila Nur Annisa Kusuma Putri (21), mahasiswi Fakultas Sekolah Vokasi, Program Studi Informasi dan Humas melaksanakan program monodisiplin dengan tema "Pelatihan pembuatan video profile TPQ Masjid Baitul Munajat di Desa Juwangi serta membranding TPQ menggunakan media sosial Instagram" pada 25 Juli 2024. Program monodisiplin ini bertujuan untuk membantu membranding TPQ Baitul Munajat supaya dapat dikenal oleh masyarakat luas serta membantu meningkatkan ekonomi UMKM sekitar.

Kegiatan monodisiplin dilaksanakan pada sore hari ketika kegiatan belajar mengajar alquran berlangsung yaitu sekitar pukul 15.30. Bekerja sama dengan pengurus TPQ Baitul Munajat dalam membuat video profile serta mengarahkan apa yang harus dilakukan ketika divideo. Dalam pembuatan video profile ini, menggunakan berbagai macam teknik pengambilan video mulai dari low angle, eye level, sampai high angle.

Selain membuat video profile, kegiatan monodisiplin kali ini juga pendampingan dalam pembuatan media sosial instagram, karena sebelumnya TPQ Baitul Munajat belum memiliki instagram sebagai media branding dan mempromosikan TPQ. Setelah instagram selesai dibuat, maka memberi penjelasan bagaimana mengelola instagram yang baik supaya tidak berhenti pada design feed post yang sudah dibuat sebelumnya. Harapannya instagram tersebut dapat digunakan secara kontinu untuk mempublikasikan kegiatan TPQ maupun memberikan informasi seputar TPQ.


TPQ Baitul Munajat itu sendiri merupakan lembaga pendidikan alquran peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta yang berada di Dusun Pandean RT10/05, Desa Juwangi, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali. TPQ Baitul Munajat sudah berdiri sejak tahun 2014 dan memiliki kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari anak anak mulai dari TK sampai SMA. Selain itu, TPQ Baitul Munajat juga memiliki peserta dari kalangan orang tua yaitu ibu-ibu dan bapak-bapak.

TPQ Baitul Munajat termasuk salah satu TPQ yang aktif karena memiliki berbagai macam kegiatan, mulai dari anak-anak dan remaja yaitu setiap hari Senin sampai Jumat di sore hari belajar mengaji serta setelah maghrib membaca shalawat dziba atau praktik ibadah setiap malam Jumat. Selain itu, setiap malam Rabu, Kamis, dan Sabtu terdapat pengajian untuk ibu-ibu setelah isya.

Dengan banyaknya kegiatan di TPQ Baitul Munajat, harapannya bisa semakin banyak peserta TPQ yang tidak hanya berasal dari Desa Juwangi, tetalu juga dari luar Desa Juwangi. Oleh karena itu, dengan adanya media sosial instagram dan video profile yang sudah diposting di instagram @tpqbaitulmunajat semoga dapat membantu dalam membranding TPQ dan menjadi media publikasi informasi seputar TPQ kepada para peserta.



Penulis : 
Nabila Nur Annisa Kusuma Putri 

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..