Optimalisasikan Pengelolaan Data Kesehatan Lansia, Mahasiswa KKN Undip Melakukan Pelatihan Transformasi Dengan Infografis Excel - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Optimalisasikan Pengelolaan Data Kesehatan Lansia, Mahasiswa KKN Undip Melakukan Pelatihan Transformasi Dengan Infografis Excel


Penyerahan Infografis Data Posyandu Lansia 
kepada Pengurus Posyandu Desa Pojok


Loetju.idMahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) 2023/2024 di Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo melaksanakan pelatihan pengelolaan data transformasi dengan infografis excel. Kegiatan ini diikuti langsung oleh anggota pengurus posyandu lansia setempat.

“Terjadinya peningkatan jumlah lansia menuntut perhatian lebih pada pemantauan kesehatan mereka secara berkelanjutan. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk mengolah dan menganalisis data kesehatan tersebut supaya lebih efisien” ungkap salah satu mahasiswa, Luluk, Kamis (08/08/2024).

Menurutnya, pengelolaan data kesehatan lansia di posyandu sangat penting untuk memastikan layanan yang tepat sasaran. Namun, keterbatasan dalam penggunaan teknologi sering kali menjadi hambatan.

“Kami membantu pengurus posyandu dalam mengoptimalkan pengolahan data menggunakan excel dan pembuatan infografis. Dengan pendekatan ini, pengelolaan data kesehatan lansia diharapkan menjadi lebih efektif, mudah di analisis, dan penyampaian informasi lebih akurat untuk disampaikan kepada masyarakat” ujarnya.

Selain itu, pembuatan infografis ini membantu tenaga kesehatan dan keluarga dalam mengambil keputusan karena memudahkan pemahaman terkait dengan informasi yang diberikan. Sehingga, pemantauan kesehatan lansia dapat dilakukan lebih efektif, mendukung analisis kesehatan berkelanjutan, dan meningkatkan kualitas hidup lansia.

Purwaningsih, selaku Ketua Kader Posyandu Lansia mengatakan “Kami sangat berterima kasih atas inovasi pengelolaan data yang telah diperkenalkan mahasiswa KKN, saya berharap cara ini dapat terus dilakukan sehingga pengelolaan data di posyandu lansia lebih optimal”

“Kami juga sebagai warga desa Pojok berharap, cara pengelolaan data ini tidak hanya diperkenalkan pada posyandu lansia saja. Namun, juga dapat diperkenalkan kepada posyandu-posyandu yang lain. Seperti posyandu balita” lanjutnya.

Selama kegiatan pelatihan berlangsung, kerjasama antar mahasiswa KKN Undip & Pengurus Posyandu Lansia Desa Pojok cukup kompak. Sehingga pelatihan terlaksana dengan baik.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..