Pakan Murah dengan Silase Gedebog Pisang!!! - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Pakan Murah dengan Silase Gedebog Pisang!!!

 
Mahasiswa KKN Undip Tim II 2024 Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Silase Gedebog Pisang dan Sosialisasi Mengenai Pakan Feremetasi dalam Mengoptimalkan Limbah Pertanian Lokal Sebagai Pakan Ternak Alternatif Murah!!

Loetju.id - KKN TIM II Tahun 2024 Universitas Diponegoro melaksanakan pelatihan pembuatan silase gedebog pisang dan sosialisasi mengenai pakan fermentasi dalam mengoptimalkan limbah pertanian lokal sebagai pakan ternak alternatif murah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali (31 Juli 2024) yang di hadiri oleh peternak setempat.

Desa Wonoharjo merupakan desa yang mayoritas masyarakatnya berpencaharian sebagai petani dan sebagaian sebagai peternak. Komoditas ternak di Desa Wonoharjo adalah  ternak domba potong dan sapi potong. Akan tetapi keadaan iklim di Desa Wonoharjo tidak mendukung untuk produksi pakan hijauan segar, sehingga menurunkan kualitas dan kuantitas pakan hijauan segar untuk ketersediaan pakan ternak. 

Dalam kondisi seperti ini, para peternakan dapat memanfaatkan limbah pertanian sebagai pakan ternak. Selain itu, sebagian besar masyarakat Desa Wonoharjo bekerja sebagai petani dan berkebun yang menghasilkan limbah yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Salah satunya yaitu tanaman pisang yang baru musim dan banyak ditemukan di Desa Wonoharjo. Tanaman pisang meninggalkan limbah seperti gedebog pisang yang dapat dijadikan pakan sebagai pengganti rumput.

“Limbah tanaman pisang dapat dimanfaatkan mulai dari batang sampai bongkol sebagai pakan ternak melalui pengolahan berupa silase. Kadar air yang terkandung pada batang atau gedebog pisang yang cukup tinggi sehingga jika disimpan akan mengalami peembusukan, maka dari itu solusi yang dapat dilakukan yaitu pengolahan limbah pisang diawetkan menjadi silase” ujar Anisa sebagai pelaksana kegiatan.

 
Oleh karena itu, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim II 2024 melaksanakan kegiatan berupa pelatihan pembuatan silase gedebog pisang dan sosialisasi mengenai pakan feremetasi dalam mengoptimalkan limbah pertanian lokal sebagai pakan ternak alternatif murah. Pakan silase merupakan pakan hijaaun ternak yang diawetkan dan disimpan didalam wadah kedap udara. Silase dapat menjadi solusi ketika terjadi kesulita dalam mendapatkan pakan, khususnya ketika musim kemarau. 

Silase dapat disimpan dengan jangka waktu 1-2 bulan bahkan lebih tergantung lama fermentasinya. Dengan pemberian pakan silase dapat menghemat tenaga, praktis tahan lama dan tidak perlu mencari rumput setiap hari. 

Kegiatan ini berlangsung dengan pemaparan materi dan demonstrasi  pelatihan pembuatan silase gedebog pisang. Selain itu, mahasiswa juga menjalaskan bahan-bahan yang akan digunakan. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan silase gedebog pisang yaitu gedebog pisang, tetes tebu, garam, air, EM4 dan bekatul. 
 

Pelatihan ini dilakukan dengan harapan masyarakat peternak Desa Wonoharjo dapat memanfaatkan limbah pertanian menjadi pakan ternak khususnya ruminansia. Pakan silase yang dibuat diharapkan mampu menjadi pakan pengganti rumput ketika musim kemarau yang dapat meningkatkan produktivitas ternak yang dipelihara oleh peternak Desa Wonoharjo sehingga dapat meningkatkan pendapatan peternak.



Penulis :
Anisa Tri Utami
Peternakan – Fakultas Peteranakan dan Pertanian

KKN TIM II 2024, Kabupaten Boyolali
Kecamatan Kemusu, Desa Wonoharjo

Dosen Pembimbin:
Zaki Ainul Fadli., S.S., M.Hum

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..