Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Undip di Desa Tambakboyo Lakukan Pengolahan Minyak Goreng Bekas Menjadi Lilin Aromaterapi Berdaya Jual - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Agustus 2024

Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Undip di Desa Tambakboyo Lakukan Pengolahan Minyak Goreng Bekas Menjadi Lilin Aromaterapi Berdaya Jual




Campusnesia.co.idRumah tangga merupakan penyumbang limbah terbanyak di Indonesia. Salah satu limbah yang dihasilkan adalah limbah cair berupa minyak goreng bekas atau lebih dikenal dengan sebutan minyak jelantah. Minyak jelantah dapat memberikan efek yang buruk bagi kesehatan dan juga lingkungan. Minyak jelantah bila terus digunakan dapat menjadi pemicu penyakit kanker karena mengandung senyawa yang bersifat karsinogenik. 

Apabila sudah tidak dapat digunakan, minyak jelantah sering dianggap sebagai limbah yang sudah tak bernilai lagi sehingga umumnya akan dibuang begitu saja. Minyak jelantah tersebut biasanya akan dibuang ke selokan atau tanah dekat rumah. Padahal pembuangan secara sembarangan tersebut dapat menimbulkan permasalahan seperti terjadinya penyumbatan saluran air dan pori-pori tanah karena minyak terserap dan menggumpal. Hal ini akan berimbas pada kualitas air, mengerasnya tekstur tanah, dan berkurangnya tingkat kesuburan tanah. Oleh sebab itu, perlu adanya tindakan untuk meminimalkan limbah minyak jelantah dan mengurangi pencemaran lingkungan. 

Pada hari Sabtu, 27 Juli 2024 Mahasiswa KKN UNDIP Tim II memberikan pelatihan pembuatan lilin aromaterapi berbasis minyak jelantah pada ibu-ibu RT 2/RW 2 di Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Pembuatan lilin aromaterapi ini dihadiri oleh 30 orang yang sangat antusias dalam mendengarkan materi dan demonstrasi yang berlangsung ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. 


Kegiatan ini diawali dengan membagikan leaflet dan memaparkan materi mengenai minyak jelantah dan lilin aromaterapi. Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan demonstrasi pembuatan lilin aromaterapi dengan proses pemanasan menggunakan bahan yang sederhana seperti minyak jelantah, stearic acid, pewarna oil based, dan essential oil. Digunakan pula alat-alat yang ada disekitar dan mudah dicari seperti panci, sumbu, pengaduk, dan cetakan yang dapat berupa gelas sloki atau cetakan bermotif. Pembuatan lilin sendiri diawali dengan memanaskan minyak dan kemudian ditambahkan stearic acid dengan menggunakan perbandingan 1:1. Setelah tercampur rata ditambahkan pula pewarna untuk mempercantik tampilan dan kemudian ditambahkan pula essential oil untuk memberikan bau yang sedap. Bau yang ditambahkan dapat berupa sereh, lemon, ataupun lavender. Minyak tersebut kemudian dituangkan pada cetakan yang telah disediakan dan diberi sumbu kemudian biarkan hingga mengeras. 

Kegiatan ini mendapat respon yang sangat positif dari warga, ditunjukkan dengan adanya rasa ingin mencoba sendiri dirumah dan ingin membuatnya menjadi souvenir pernikahan. 
“Terselenggaranya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami karena memberikan gambaran bahwa minyak jelantah masih dapat dimanfaatkan kembali menjadi sebuah produk dan produk ini dapat dimanfaatkan juga menjadi souvenir pernikahan,” ujar Ibu RT 2/RW 2, Purwanti. 

Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama dan pembagian lilin yang telah didemonstrasikan. Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi alternatif dalam mengurangi pembuangan minyak jelantah secara sembarangan dalam skala rumah tangga.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..