Pelaksanaan Program Edukasi Keamanan Data Pribadi oleh Tim KKN II Undip di Desa Bono - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 02 Agustus 2024

Pelaksanaan Program Edukasi Keamanan Data Pribadi oleh Tim KKN II Undip di Desa Bono



Loetju.id - Desa Bono, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, 2 Agustus 2024 - mahasiswa tim KKN II Universitas Diponegoro Desa Bono, Maulana Pasya Zefanya, melaksanakan program kerja bertema "Edukasi Keamanan Data Pribadi". Mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika, Prodi Informatika, ini mengadakan acara tersebut untuk meningkatkan kesadaran mengenai keamanan data pribadi di kalangan remaja SMP dan SMA. Acara dimulai pukul 19.20 WIB dan berlangsung hingga 19.45 WIB.

Program ini diawali dengan pre-test yang berisi survei mengenai pengalaman para peserta terkait kebocoran data. Zefa kemudian menyampaikan materi yang meliputi pengertian kebocoran data, contoh-contoh kasus kebocoran data, dampak yang mungkin terjadi akibat kebocoran tersebut, dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk melindungi data pribadi. Pemaparan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya menjaga keamanan data di era digital saat ini.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan post-test yang terdiri dari kuisioner benar dan salah untuk mengukur pemahaman peserta terkait topik yang dibahas serta sesi tanya jawab. Program kerja ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman remaja Desa Bono tentang pentingnya menjaga data pribadi dan membantu mereka menjadi lebih melek teknologi.


Dengan adanya program kerja ini, Zefa dan tim KKN II Undip berharap kesadaran akan keamanan data pribadi dapat semakin meluas, sehingga generasi muda lebih siap menghadapi tantangan di dunia digital yang semakin kompleks.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..