Pelaksanaan Program Kerja Edukasi Artificial Intelligence dan Penggunaan ChatGPT oleh Tim KKN II Undip di Desa Bono - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 09 Agustus 2024

Pelaksanaan Program Kerja Edukasi Artificial Intelligence dan Penggunaan ChatGPT oleh Tim KKN II Undip di Desa Bono

 



Loetju.idPada Jumat, 2 Agustus 2024, anggota tim KKN II Universitas Diponegoro dari Desa Bono, Maulana Pasya Zefanya, mengadakan program edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai keamanan artificial intelligence (AI) dan penggunaan ChatGPT di kalangan remaja SMP dan SMA. Mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika, Prodi Informatika, ini memulai acara pada pukul 19.45 WIB dan berlangsung hingga 20.15 WIB.

Program kerja ini diawali dengan pre-test yang berupa survei untuk mengetahui sejauh mana para peserta memahami artificial intelligence dan teknologi AI apa saja yang pernah mereka gunakan. Setelah itu, Zefa menyampaikan materi yang mencakup pengertian AI, pengertian ChatGPT, fungsi-fungsi yang dapat dilakukan oleh ChatGPT, cara kerja ChatGPT, serta panduan bagaimana mengakses ChatGPT.

Pemaparan ini bertujuan untuk membekali para remaja dengan pengetahuan tentang bagaimana AI, khususnya ChatGPT, dapat digunakan secara aman dan efektif dalam kehidupan sehari-hari. Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan post-test yang terdiri dari kuisioner benar dan salah untuk mengevaluasi pemahaman peserta terkait materi yang telah disampaikan.

Dengan adanya program edukasi ini, diharapkan penggunaan ChatGPT oleh para remaja dapat menjadi lebih efektif dan membantu mereka dalam mencari informasi secara lebih efisien dalam kehidupan sehari-hari. Zefa dan tim KKN II Undip berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif, khususnya dalam meningkatkan literasi teknologi di kalangan generasi muda Desa Bono.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..