Hadapi Revolusi Industri 4.0, Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan Perancangan Lampu Otomatis berbasis Timer dengan Arduino Sebagai Salah Satu Upaya Hemat Energi - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan Perancangan Lampu Otomatis berbasis Timer dengan Arduino Sebagai Salah Satu Upaya Hemat Energi

Dokumentasi Demonstrasi Lampu Otomatis 
bersama Perwakilan Karang Taruna Remaja RW 01 
pada Selasa (30/7) di Balai Pertemuan RW 01 (Sumber: Dok. Pribadi)

Loetju.id - Wonogiri (30/7/2024) - Untuk memberikan kesadaran warga akan pentingnya hemat energi listrik, Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim II UNDIP 2023/2024, Rizal Fadhilah, Program Studi Teknik Elektro, berinovasi untuk membuat sebuah sistem kontrol lampu otomatis berbasis timer dengan program bertajuk “Pelatihan Perancangan Lampu Otomatis berbasis Timer dengan Arduino” di Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya remaja akan pentingnya hemat listrik dengan mematikan lampu jika sudah tidak diperlukan.

Penerangan lampu jalan di Kelurahan Kaliancar masih menggunakan sumber Listrik dari rumah warga, sehingga lampu jalan masih perlu dinyalakan secara manual, sering kali warga lupa untuk menyalakan sehingga jalan sangat gelap saat malam hari, serta boros energi ketika lupa mematikan saat sudah pagi hari. Hal ini yang mendasari adanya inovasi dan dilaksanakannya program Pelatihan Perancangan Lampu Otomatis berbasis Timer dengan Arduino. Program ini diadakan di balai pertemuan RW 01 pada Tanggal 30 Juli 2024, Pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai. Kegiatan ini diikuti oleh 10 Remaja Karang Taruna RW 01 dengan sangat antusias.

Kegiatan ini diawali dengan penyampain materi mengenai konsep alat, cara penggunaan, dan cara kerja dari prototipe tersebut, dan diakhiri dengan praktik. Sebelum praktik dilakukan, terdapat pembagian buku panduan sebagai acuan dari praktik yang akan dilakukan. Pada buku panduan tersebut berisi mengenai Arduino, alat dan bahan yang digunakan, cara merangkai peralatan (wiring diagram), dan coding. Dari kegiatan praktik tersebut, para remaja dapat melihat langsung hasil dari implementasi Arduino pada Perancangan Lampu Otomatis berbasis Timer.
 
Dokumentasi Pemberian Hadiah Quiz 
Kepada Perwakilan Karang Taruna Remaja RW 01 
pada Selasa (30/7) di Balai Pertemuan RW 01 (Sumber: Dok. Pribadi)

Kegiatan ini disambut baik oleh para remaja dan Ketua Karang Taruna RW 01, sebelum kegiatan diakhiri terdapat quiz dengan hadiah sebuah fitting sensor cahaya. Menurut Bara (17), salah satu remaja yang mengikuti kegiatan ini mengatakan bahwa selain mendapatkan wawasan baru, kegiatan ini cukup menyenangkan. Ia juga menuturkan bahwa pelatihan yang langsung dengan praktiknya membuat lebih cepat paham dan langsung tahu mengenai cara kerja alatnya. “Saya sebagai Ketua Karang Taruna sangat berterima kasih, ini merupakan hal yang baru bagi remaja-remaja. Pelatihan Perancangan Lampu Otomatis berbasis Timer  ini juga dapat meningkatkan keterampilan dan dapat dipraktikan nantinya untuk membantu menghemat energi”. ujar Mas Tri selaku Ketua Karang Taruna RW 01 Kelurahan Kaliancar.




Penulis : 
Rizal Fadhilah
Mahasiswa Teknik Elektro UNDIP

Dosen Pembimbing Lapangan KKN : 
Rully Rahadian., M.Si., Ph.D.

Editor :
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..