Pelatihan Teknologi Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember) Sebagai Upaya Meningkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat Di Desa Bondowoso - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 21 Agustus 2024

Pelatihan Teknologi Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember) Sebagai Upaya Meningkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat Di Desa Bondowoso




Loetju.idBondowoso, Mertoyudan Magelang (04/08/2024) - Permasalahan yang dihadapi yaitu ingin melakukan budidaya ikan tetapi tidak mempunyai lahan yang cukup luas untuk berbudidaya. Ghifrian Arhami Ahmad menjelaskan bahwa Budikdamber menjadi solusi alternatif bagi mereka yang ingin melakukan budidaya ikan lele dan tanaman, namun terkendala oleh lahan yang terbatas, terutama di lingkungan perkotaan atau perumahan dengan lahan yang sudah penuh. Budikdamber memungkinkan kita untuk mempraktikkan budidaya di rumah sendiri.

Ghifrian Arhami Ahmad juga menjelaskan penanaman sistem aquaponik merupakan budidaya ikan menghemat lahan atau efesiensi lahan. Budidaya dengan sistem aquaponik yaitu budidaya ikan dengan menambah variasi penanaman dimedia budidaya tersebut. Budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) dengan sistem aquaponik merupakan gabungan dari sistem budidaya ikan dengan tanaman (Hidroponik) dalam wadah budidaya berupa ember.

Kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk ibu ibu mengenal lebih jauh tentang budidaya ikan dalam ember dalam meningkatkan ekonomi mandiri di rumah dengan fasilitas dan biaya yang memadai.


Pelaksanaan kegiatan pelatihan mengundang keaktifan dan respon yang baik dari peserta. Pertama mahasiswa menjelaskan materi melalui poster terkait Definisi budikdamber, Manfaat dan juga cara pembuatan alat budikdamber itu sendiri. Lalu setelah itu adanya sesi tanya jawab sekaligus demonstrasi pemakaian alat budikdamber.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..