Pemanfaatan Limbah Organik Menjadi Eco Enzyme - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Agustus 2024

Pemanfaatan Limbah Organik Menjadi Eco Enzyme




Campusnesia.co.id - Sumub Lor, 1 Agustus 2024-Sampah merupakan limbah yang tak terpisahkan keberadaannya dalam kehidupan masyarakat. Apabila tidak dikelola dengan baik, sampah akan menjadi musuh masyarakat karena keberadaannya yang kotor, menimbulkan bau tak sedap, dan berisiko tinggi menyebarkan penyakit. 

Salah satu permasalahan di Desa Sumub Lor adalah tidak ada pengelolaan sampah yang disediakan oleh pemerintah setempat, seperti tempat pembuangan akhir untuk sampah ataupun truk sampah yang mengangkut sampah seluruh desa. Akibatnya, masyarakat melakukan pengelolaan sampah dengan cara membakar atau menimbun sampah tersebut, hal ini dapat menimbulkan pencemaran udara yang lebih buruk yang berakibat pada munculnya penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) atau risiko penularan penyakit lainnya akibat penimbunan sampah. 

Oleh karena itu, pada hari Kamis, 1 Agustus 2024, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro yang ditempatkan di Desa Sumub Lor mengenalkan suatu solusi untuk pengelolaan sampah, khususnya sampah domestik organik berupa eco enzyme. 

Selain diajarkan mengenai tata cara pemanfaatan eco enzyme bagi pengelolaan sampah organik, masyarakat juga diajarkan mengenai tata cara pengelolaan dan pemisahan sampah organik dan anorganik, serta pemanfaatan sampah menjadi barang bernilai ekonomis. Melalui program ini, masyarakat Desa Sumub Lor diharapkan dapat mengelola sampah yang dimilikinya dengan lebih baik sehingga tidak hanya menguntungkan bagi diri sendiri, juga menguntungkan bagi lingkungan sekitar. 


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..