Pembuatan Site Plan Penataan lahan UMKM di Timuran, Surakarta oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP: Rencana Tata Letak dan Fasilitas - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Pembuatan Site Plan Penataan lahan UMKM di Timuran, Surakarta oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP: Rencana Tata Letak dan Fasilitas

 


Loetju.idSurakarta, 5/8/2024, Salah satu mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Program Studi Teknik Sipil telah menyelesaikan program monodisiplin di Kelurahan Timuran, program tersebut yaitu pembuatan site plan penataan lahan UMKM. Site plan ini adalah gambar dua dimensi yang berisikan konsep gambaran atau peta rencana pembagian bangunan. Site plan UMKM ini harus menunjukan tata letak dimana stand-stand UMKM harus didirikan dan juga fasilitas-fasilitas pendukungnya.

Program ini terlahir dari adanya rencana dari pemerintah Kelurahan Timuran yang berencana membuka stand-stand UMKM di area lahan parkir PKU Muhammadiyah Surakarta yang dilatar belakangi masih adanya sedikit lahan kosong yang wilayahnya cukup strategis. 

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan UMKM di Kelurahan Timuran serta membuka lahan usaha baru bagi UMKM yang belum punya tempat untuk berjualan. Dengan adanya program kerja ini diharapkan mampu memberikan gambaran atau referensi untuk penataan UMKM di area tersebut sehingga diharapkan site plan ini dapat dibangun dan diwujudkan.

Program ini disambut antusias oleh pemerintah Kelurahan Timuran. Dengan terlaksananya program ini, Hamdan Zuhuda sebagai Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Diponegoro berharap dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi seluruh masyarakat di Kelurahan Timuran, Surakarta.



Penulis: 
Hamdan Zuhuda
Program Studi S1 Teknik Sipil  
(Fakultas Teknik)

Lokasi KKN: 
Kelurahan Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..