Pembukuan Tertata dengan Aplikasi Digital: Mahasiswa KKN Tim II Undip TA 2023/2024 Berdayakan Usaha Rumahan 'Ibu Ika' dengan Aplikasi Keuangan - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 15 Agustus 2024

Pembukuan Tertata dengan Aplikasi Digital: Mahasiswa KKN Tim II Undip TA 2023/2024 Berdayakan Usaha Rumahan 'Ibu Ika' dengan Aplikasi Keuangan



Loetju.idGandurejo, Temanggung (28/07/24) - Mahasiswa Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap perkembangan Usaha Rumahan di Indonesia. Salah satu mahasiswa, Devi Rosita, berhasil menjalankan program kerja monodisiplin dengan memberikan penyuluhan dan pendampingan pencatatan keuangan menggunakan aplikasi kepada Ibu Ika, seorang pelaku Usaha Rumahan.

Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Ibu Ika dalam mengelola keuangan usahanya secara lebih efektif dan efisien. Dengan memanfaatkan teknologi aplikasi keuangan, diharapkan Ibu Ika dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan lebih akurat, sehingga dapat menganalisis kinerja usahanya dan membuat keputusan bisnis yang lebih tepat.

Devi, menjelaskan bahwa pemilihan Ibu Ika sebagai objek pendampingan didasarkan pada potensi usaha rumahan yang dimiliki dan kebutuhan akan pembinaan dalam pengelolaan keuangan yang diperoleh saat survei. Berdasarkan hasil survei Ibu Ika memiliki usaha aneka kripik yang cukup potensial, namun masih kesulitan dalam mencatat keuangan usahanya secara sistematis dan masih melakukan pencatatan secara manual.


Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Juli 2024 di Desa Gandurejo, yang dilakukan dengan mengunjungi langsung rumah Bu Ika. Dalam kegiatan tersebut, Devi melakukan penyuluhan dan pendampingan kepada Bu Ika. Penyuluhan dilakukan dengan memberikan materi tentang pentingnya pencatatan keuangan, cara memilih aplikasi keuangan yang sesuai, dan fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan. Sedangkan pendamping dilakukan dengan memberikan tutorial kepada Ibu Ika secara langsung dalam menggunakan aplikasi keuangan, mulai dari proses pendaftaran, langkah pencatatan, hingga mendownload laporan keuangan.

Ibu Ika merasa sangat terbantu dalam mengelola keuangan usahanya dengan adanya program ini. Beliau berujar bahwa dengan menggunakan aplikasi keuangan dapat mempermudah pencatatan keuangan khususnya daftar utang piutang. Hal tersebut dikarenakan sebelumnya dalam mencatat utang dagang Bu Ika melakukan pencatatan secara manual sehingga memiliki risiko hilang.

Devi berharap adanya program ini dapat menjadi langkah awal untuk membantu Ibu Ika dalam mengelola keuangan usahanya dan dapat membantu Usaha Rumahan Ibu Ika menjadi lebih berkembang dengan pencatatan dan pembukuan yang lebih tertata.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..