Pengenalan dan Pendampingan Digitalisasi Arsip Desa Menggunakan Platform S.ID - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Agustus 2024

Pengenalan dan Pendampingan Digitalisasi Arsip Desa Menggunakan Platform S.ID




Loetju.idYosorejo, Pekalongan (2/08/2024)- Desa Yosorejo merupkan salah satu desa yang berada di Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Desa Yosorejo menjadi salah satu lokasi penerjunan mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024. 

Riska Melyana Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Prodi Ilmu Pemerintahan  melaksanakan program kerja berupa kegiatan pendampingan, dan pengelolaan administrasi desa secara digital guna meningkatkan kualitas layanan administrasi serta penyimpanan data desa yang diikuti oleh Perangkat Desa Yosorejo. Pentingnya pengenalan digitalisasi arsip data desa ini salah satunya untuk menghindari kerusakan atau kehilangan data akibat pelapukan arsip secara fisik. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa. Pengelolaan administrasi desa secara digital diawali dengan pengenalan jenis platformnya terlebih dahulu. Dalam hal ini platform yang direkomendasikan adalah S.ID. Kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi mengentry data ke dalam platform, serta edit tampilan platform Database Desa Yosorejo. Pada tahap pemaparan materi meskipun masih sangat asing namun para perangkat desa terlihat sangat antusias dan ingin lebih mengenal serta mengoperasikan platform tersebut. 

”Dengan adanya platform ini, diharapkan data dapat diakses secara terbuka bagi perangkat desa untuk selanjutnya diberitahukan kepada masyarakat. Selain itu, proses pendampingan digitalisasi data desa juga untuk memaksimalkan manfaat perangkat elektronik yang saat ini dimiliki, mengurangi sampah kertas, serta kemudahan mengakses data secara online.” Ujar Riska. 

 
Selain itu, mahasiswa KKN TIM II UNDIP juga menyerahkan Booklet ”Cara Penggunaan Platform S.ID” kepada perangkat desa. Dengan adanya media cetak Booklet tersebut diharapkan nantinya dapat membantu perangkat desa untuk lebih mengenal, mengoperasikan serta menjadikan platform S.ID sebagai dasar penerapan program digitalisasi desa dalam pelayanan administrasi di Desa Yosorejo. 



Penulis : 
Riska Melyana

DPL : 
1. Dr. Hari Susanta N, M.Si. 
2. Ichlasul Ayyub SS MSi. 
3. Asep Setiaji, S.Pt., M.Si., Ph. D

Lokasi: 
Desa Yosorejo, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..