Penyuluhan Regulasi Emosi oleh KKN TIM II Universitas Diponegoro di Desa Botolambat, Kecamatan Kandeman. Kab. Batang, Indonesia - Comedy, Indie and Creativity

Sabtu, 10 Agustus 2024

Penyuluhan Regulasi Emosi oleh KKN TIM II Universitas Diponegoro di Desa Botolambat, Kecamatan Kandeman. Kab. Batang, Indonesia




Loetju.id - Desa Botolambat, 24 Juli 2024 - KKN TIM II Universitas Diponegoro mengadakan penyuluhan regulasi emosi dengan program menulis ekspresif untuk meluapkan emosi secara positif bagi anak sekolah dasar di Desa Botolambat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak-anak mengenai berbagai bentuk emosi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh KKN TIM II Universitas Diponegoro dengan menghadirkan Saudari Indira Laksmi Pranartiwi sebagai fasilitator utama. Program ini didasari oleh kurangnya pemahaman anak-anak tentang bentuk dan pengelolaan emosi mereka. 

Program ini melibatkan beberapa tahapan yang dimulai dengan wawancara bersama Kepala Sekolah dan Wali Kelas di SD Negeri Botolambat 02. Tahapan selanjutnya adalah survei lokasi dan pengumpulan data-data yang relevan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan ini.


Pada puncak acara, anak-anak diberi psikoedukasi mengenai berbagai bentuk emosi. Mereka diajak untuk mengenali, memahami, dan mengekspresikan emosi mereka melalui metode menulis ekspresif. Metode ini diharapkan dapat membantu anak-anak untuk meluapkan emosi mereka secara positif dan konstruktif.

Melalui kegiatan ini, KKN TIM II Universitas Diponegoro berharap anak-anak dapat lebih memahami dan mengelola emosi mereka dengan baik, sehingga dapat berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional yang lebih baik di masa depan.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..