“Revitalisasi Perpustakaan Desa Candimulyo” Kolaborasi Antara TIM II KKN Universitas Diponegoro Dengan Perangkat Desa Candimulyo Tingkatkan Daya Tarik Masyarakat - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

“Revitalisasi Perpustakaan Desa Candimulyo” Kolaborasi Antara TIM II KKN Universitas Diponegoro Dengan Perangkat Desa Candimulyo Tingkatkan Daya Tarik Masyarakat

 

Loetju.id - Candimulyo, (7/8) - Perpustakaan merupakan suatu tempat atau fasilitas yang menyediakan berbagai koleksi buku, jurnal, dan bahan informasi lainnya untuk dibaca, dipinjam, dan dipelajari. 

Perpustakaan Desa Candimulyo memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan untuk bahan atau sumber literasi bagi masyarakat sekitar Desa Candimulyo. 

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 2 Universitas Diponegoro (UNDIP) yang berkolaborasi dengan Perangkat Desa Candimulyo melakukan kegiatan Revitalisasi Perpustakaan yang bertujuan untuk menambah daya tarik masyarakat sekitar desa untuk berkunjung. Perpustakaan desa ini sebenarnya menyimpan banyak potensi literasi berupa banyak kategori dalam buku bacaannya yang bermanfaat bagi para pembacanya, namun pengemasan dan maintenance nya saja yang perlu ditingkatkan.


Salah satu anggota kelompok KKN tersebut, yaitu Laudy Adqa Febrian Kusuma melakukan sosialisasi dengan Perangkat Desa mengenai bagaimana cara merawat dan bagaimana cara menambah daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke Perpustakaan tersebut. Revitalisasi ini memiliki 3 tahap dalam mencapai keberhasilan, yang dimana setiap tahap terdapat monitoring untuk memastikam adanya perkembangan selama Revitalisasi ini berjalan. Terbukti pada Tahap ke-dua dari Revitalisasi Perpustakaan ini berhasil meningkatkan daya tarik masyarakat/anak-anak sekitar. Mahasiswa tidak hanya memberikan sosialisasi saja, dengan adanya poster diharapkan untuk mengingatkan pentingnya merawat Perpustakaan sebagai gudang ilmu.

Melalui semangat dan dedikasi yang kuat, KKN Tim 2 Undip membuktikan bahwa kolaborasi dan usaha keras mampu mengatasi berbagai masalah. Keberhasilan tidak hanya terpaku terhadap berhasilnya menambah daya tarik masyarakat desa terhadap Perpustakaan Desa Candimulyo, melainkan tentang membuka kesadaran bagi generasi muda bangsa untuk membentuk masa depan yang lebih cerah.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..