Rumah Kayu Awet dan Bebas Rayap - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 22 Agustus 2024

Rumah Kayu Awet dan Bebas Rayap




Campusnesia.co.idSurakarta (20/08/2024) - Kayu merupakan bahan yang ramah lingkungan karena dapat diproduksi dengan cara siklus tanam dan merupakan kekayaan alam yang tidak ada habisnya bila dikelola dengan baik (renewable resources). Dalam konstruksi bangunan, kayu dapat menahan gaya serta beban luar yang mengenainya. Kayu juga dapat menahan beban tarik, beban tekan, beban lentur, dan kuat geser.

Penggunaan kayu sebagai material bangunan memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu materialnya yang cukup mudah didapatkan dan memiliki berat jenis yang ringan. Dalam penggunaannya, kayu juga dapat lebih mudah diolah karena dapat menggunakan peralatan yang sederhana.

Disamping banyaknya kelebihan dalam penggunaan material kayu, terdapat pula berbagai kekurangan yang mempengaruhi konstruksi bangunan kayu dalam pemeliharaannya, diantaranya kayu merupakan material yang tidak homogen disertai dengan cacat-cacat alam seperti serat yang tidak teratur, spiral, diagonal, hingga mata kayu. Tingkat keawetan material kayu juga lebih rendah dibandingkan material lainnya karena bahan material ini terbilang cukup rapuh terhadap kondisi lingkungan, diantaranya mudah lapuk pada tempat lembab, rawan keropos karena rayap, serta dapat memuai dan menyusut.

Berdasarkan hasil observasi, masih terdapat beberapa bangunan berstruktur kayu di Kelurahan Kepatihan Kulon, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta yang belum mendapatkan perhatian khusus dalam perawatannya. Menanggapi hal tersebut, Mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro 2023/2024, Naufal Haidar Amiruddin membuat suatu modul mengenai perawatan bangunan struktur kayu guna mengatasi pelapukan dini bangunan struktur kayu serta pencegahan pengeroposan kayu oleh rayap di beberapa bangunan berstruktur kayu di wilayah tersebut. Modul tersebut berisi tentang bagaimana cara membersihkan dan mengawetkan struktur bangunan yang berbahan kayu, seperti lantai kayu, tangga kayu, dinding kayu, dan plafond kayu.

Dengan adanya modul ini, diharapkan pemilik bangunan struktur kayu dapat teredukasi untuk memberi perhatian lebih terhadap perawatan bangunan struktur kayu sehingga kayu yang digunakan dapat berumur panjang, tidak mudah lapuk dan keropos, serta bersih dan terawat.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..