Sadarkan Pentingnya K3, Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Petani Desa Kebondalem Terapkan K3 Saat Bekerja - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 11 Agustus 2024

Sadarkan Pentingnya K3, Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Petani Desa Kebondalem Terapkan K3 Saat Bekerja

 

Loetju.id - Batang, Indonesia, 11 Agustus 2024. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) adalah segala kegiatan untuk menjamin dan  melindungi  keselamatan  dan  kesehatan  tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Tanpa menerapkan K3 dapat menimbulkan risiko terjadinya kecelakaan kerja atau hal-hal yang tidak diinginkan seperti terluka, terpapar penyakit, indera terganggu, dan hal lainnya. Maka dari itu K3 sangat penting untuk diterapkan.

Desa Kebondalem terletak di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Sebagian besar masyarakat dusun ini memiliki mata pencaharian sebagai petani. Kegiatan bertani tidak terlepas dari risiko yang dapat menciderai kita. Terdapat banyak aspek yang menjadi potensi bahaya ketika bertani, seperti adanya ular, tikus, dan lintah ataupun dari cairan kimia ketika digunakan. Selain itu, kerja di bawah terik matahari langsung juga dapat menjadi potensi bahaya.

Dilatarbelakangi hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi kepada petani untuk menyadarkan akan pentingnya menerapkan K3 ketika bekerja. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 3 Agustus 2024 dari pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB dan bertempat di kediaman Pak Rohani selaku ketua kelompok tani. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh ketua dan anggota kelompok tani Desa Kebondalem.

 
Sosialisasi dimulai dengan penyuluhan materi mengenai definisi K3, tujuan dari K3, identifikasi potensi bahaya, serta upaya pencegahannya dalam bidang pertanian. Selanjutnya mahasiswa KKN membagikan poster yang berisikan ilustrasi peralatan K3 apa saja yang perlu digunakan oleh petani. Hal ini bertujuan agar petani dapat mengetahui apa saja peralatan yang perlu digunakan dan apa manfaatnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sharing mengenai kegiatan yang dilakukan petani Desa Kebondalem dan permasalahan apa yang sedang terjadi. Kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama antara mahasiswa dan kelompok tani. Seusai kegiatan ini diharapkan petani sadar akan pentingnya K3 dan ingin menerapkannya sehingga tidak terjadinya kecelakaan kerja.



Penulis : 
Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Fathimah Kurniawati, S.E., M.Ec.Dev.

Desa Kebondalem, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang
KKN Universitas Diponegoro Tim II 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar


Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..