Satu Tautan Beragam Kebutuhan: Mahasiswa KKN Tim II Undip Optimalisasi Akses Informasi dan Layanan Publik - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 08 Agustus 2024

Satu Tautan Beragam Kebutuhan: Mahasiswa KKN Tim II Undip Optimalisasi Akses Informasi dan Layanan Publik


Gambar 1 - KKN TIM II Universitas Diponegoro 
melakukan pembuatan satu tautan untuk beragam kebutuhan 
dalam mengoptimalisasi akses informasi dan layanan publik 
di Desa Kadipaten, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, 
Senin (22/07/2024) (foto: dokumentasi pribadi)



Loetju.id - Pekalongan, Senin (22/07/2024) - KKN Tim II Universitas Diponegoro melaksanakan program pembuatan satu tautan beragam kebutuhan untuk mengoptimalisasi akses informasi dan layanan publik.

Sesuai dengan arahan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia bahwa banyaknya masalah-masalah yang ada di Indonesia perlu difokuskan pada masalah yang utama, seperti pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi pemerintahan, dan percepatan prioritas presiden. Fokus pada masalah utama tersebut menjadi acuan hadirnya reformasi birokrasi tematik.

Salah satu fokus masalah yang menjadi rujukan oleh Satria Arkhanta, mahasiswa KKN dari program studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro yakni mengenai digitalisasi pemerintahan berdasarkan permasalahan secara faktual yang telah diamati dan ditemukan secara langsung.

Ditinjau dari pengamatan yang ada di lapangan bahwa masyarakat Desa Kadipaten masih mengurus surat-persuratan yang dibutuhkan secara konvensional atau mendatangi kantor kepala desa untuk kemudian diisi dengan tulis tangan.

Berbagai informasi dan akses pelayanan di Desa Kadipaten belum tersebar secara luas pada media sosial dan website desa, masih sebatas informasi yang didapatkan dari kantor kepala desa. Hal tersebut mendapat validasi oleh Budi Setiawan selaku Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan.

Budi Setiawan atau yang akrab disapa sebagai “Mas Wawan” menjelaskan bahwa faktor yang menyebabkan layanan dan informasi belum tersebar pada media sosial dan website desa karena jumlah tenaga sumber daya yang belum memadai dan anggaran yang terbatas.

Kegiatan yang dilakukan oleh Tim Mahasiswa KKN dengan menjawab masalah yang ada sesuai dengan salah satu fokus utama pada reformasi birokrasi tematik, yakni digitalisasi pemerintahan. Mahasiswa KKN memberikan materi kepada perangkat desa sebagai dasar peningkatan kapasitas dan kemampuan digital.

Selain itu, Tim Mahasiswa KKN membuat situs web berupa linktree yang memudahkan masyarakat untuk mengurus surat yang diperlukan dan memperoleh akses informasi secara terintegrasi, mudah, dan cepat. Pada situs web tersebut tersedia beragam jenis layanan dan informasi yang dapat diakses oleh perangkat desa dan masyarakat. 
 
Gambar 2 - Poster layanan informasi berbasis digital 
di meja pelayanan Kantor Kepala Desa Kadipaten, 
Senin (22/07/2024) (foto: dokumentasi pribadi)

Adanya poster yang berisi informasi situs web linktree juga diletakan di meja pelayanan kantor kepala Desa Kadipaten agar masyarakat kadipaten dapat beralih untuk mengurus persuratan secara online dan mengakses informasi yang diperlukan secara one stop service.

Selama kegiatan berlangsung, program ini mendapat respons positif dari perangkat desa dan masyarakat sebagai langkah untuk mempermudah proses birokrasi yang cepat dan efektif.

Harapannya dari program digitalisasi pemerintahan ini dapat berdampak secara nyata dan bermanfaat bagi masyarakat sebagai wujud dalam mengimplementasi praktik digital di Desa Kadipaten.

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro pada kegiatan “Satu Tautan Beragam Kebutuhan: Optimalisasi Akses Informasi dan Layanan Publik”




Penulis:
Satria Arkhanta 
Mahasiswa Administrasi Publik Angkatan 2021

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Ni Kadek Dita Cahyani, S.Si, M.Si, Ph.D.

Lokasi: 
Desa Kadipaten
Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..