Siap Cegah Stunting! Mahasiswa Undip Lakukan Edukasi Mengenai Stunting – KKN Tim II Undip 2023/2024 - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Siap Cegah Stunting! Mahasiswa Undip Lakukan Edukasi Mengenai Stunting – KKN Tim II Undip 2023/2024

 

Loetju.id - Kab. Pekalongan (8/8/2024) - Mahasiswa KKN Tim II Undip yang bertempat di Desa Pacar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan melaksanakan beberapa kegiatan, salah satunya edukasi mengenai stunting serta demo memasak MPASI kepada para ibu di Desa Pacar.

Pada Sabtu, 3 Agustus 2024, Amelia Muna Haliza, salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip, menjelaskan tentang mengapa ikan nila dijadikan contoh bahan utama untuk MPASI. Daging ikan nila mudah dicerna dan diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi (43.76%) dan lemak (7.01%). Ikan nila juga mengandung vitamin yang baik dikonsumsi anak-anak agar terhindar dari stunting. Vitamin tersebut antara lain omega-3, vitamin B12, vitamin D, asam amino essensial, selenium, dan kalsium.

Pemaparan Penjelasan Ikan Nila 
Sebagai Bahan Utama MPASI

Budidaya ikan nila dan ikan bawal menjadi salah satu potensi yang ada di Desa Pacar. Budidaya tersebut merupakan upaya peningkatan ketahanan pangan. Hal tersebut menjadi alasan lainnya mengapa ikan nila dijadikan sebagai bahan utama dalam program kerja KKN Tim II Undip 2023/2024, karena tidak hanya nila memiliki gizi dan protein yang melimpah, ikan nila juga dapat memajukan potensi yang sudah dimiliki oleh Desa Pacar sebelumya.

Dengan adanya proker ini, masyarakat Desa Pacar, terutama orang tua yang akan dan/atau memiliki anak dengan usia di bawah 12 tahun, diharapkan dapat mengimplementasikan edukasi mengenai stunting dan demo memasak MPASI kepada anak-anak Desa Pacar. Diharapkan stunting awareness di Desa Pacar meningkat, sehingga presentase stunting di Desa Pacar dapat menurun.




Penulis : 
Amelia Muna Haliza 
(Oseanografi – 26050121130038)

DPL
Nenik Woyanti, S.E., M.Si.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..