Sorotan Istimewa! Mahasiswa Tim II KKN Undip Mengenalkan Kehidupan Desa Kadipaten melalui Etnovideografi Berjudul “Lensa Kadipaten: Harmoni Kehidupan Desa” - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 11 Agustus 2024

Sorotan Istimewa! Mahasiswa Tim II KKN Undip Mengenalkan Kehidupan Desa Kadipaten melalui Etnovideografi Berjudul “Lensa Kadipaten: Harmoni Kehidupan Desa”

 
Sampul Etnovideografi 
mengenai Kehidupan di Desa Kadipaten


Loetju.idPekalongan (01/08/2024) - Desa Kadipaten merupakan sebuah desa di Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Desa dengan luas wilayah yang sebagian besar diisi oleh sawah ini merupakan identitas kehidupan pedesaan yang damai dan harmonis meskipun memiliki berbagai macam kebiasaan dari masyarakatnya. Masyarakat Desa Kadipaten memiliki beragam mata pencaharian, seperti petani, pemilik UMKM, pengrajin batik, konveksi, dan lain sebagainya. Di samping beragamnya mata pencaharian di Desa Kadipaten, desa ini juga mempunyai kondisi spiritualitas yang sangat bagus, dibuktikan dengan antusias masyarakatnya dalam mengikuti acara keagamaan yang terbilang masih sangat tinggi. Selain itu, desa ini memiliki tradisi minum teh dalam kesehariannya. Selain sebagai ekspresi identitas lokal, teh yang biasa diseduh dengan air dan gula ini merupakan simbol keramahtamahan, pengikat sosial, dan pelestarian budaya yang harus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat secara turun temurun. 

Kehangatan dan keharmonisan kehidupan yang ada di Desa Kadipaten membuat Adysa Destria Putri, mahasiswa KKN Tim II Undip yang berasal dari program studi Antropologi Sosial, tertarik untuk mendokumentasikan kegiatan masyarakatnya sehari-hari melalui etnovideografi. Etnovideografi adalah pendekatan dalam studi antropologi yang menggunakan media video untuk mendokumentasikan, menganalisis, dan menyajikan kebudayaan serta praktik sosial suatu kelompok masyarakat. Metode ini memadukan teknik pembuatan film dengan penelitian etnografis untuk memberikan wawasan yang mendalam dan visual tentang kehidupan sehari-hari, adat istiadat, ritual, dan interaksi sosial dalam komunitas yang diteliti. Tujuan dibuatnya etnovideografi adalah sebagai preservasi budaya, penelitian akademis, dan promosi pariwisata budaya. 

 
Ibu Penjual Nasi Megono 
yang Tengah Menjajakan Masakannya 

Dalam etnovideografi berjudul “Lensa Kadipaten: Harmoni Kehidupan Desa”, mahasiswa KKN Tim II Undip berhasil menangkap esensi kehidupan masyarakat Desa Kadipaten yang penuh warna. Ia mendokumentasikan berbagai aspek kehidupan desa, mulai dari kegiatan pertanian hingga usaha kecil menengah (UMKM), serta tradisi dan adat istiadat yang dijaga dengan baik oleh masyarakat setempat. Etnovideografi ini menampilkan bagaimana masyarakat desa menjalani kehidupan sehari-hari dengan keragaman profesi, seperti petani, pemilik UMKM, pengrajin batik, yang semuanya berkontribusi pada perekonomian lokal. Selain itu, terdapat pula sorotan akan kondisi keagamaan dan tradisi lokal yang ada di sana. Kegiatan-kegiatan yang dianggap sederhana di Desa Kadipaten ternyata memiliki nilai-nilai budaya dan tradisi yang esensial bagi suatu komunitas. 

Karya etnovideografi ini, diharapkan dapat menjadi media informasi yang efektif serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga dan mengembangkan potensi budaya daerah. Melalui dokumentasi budaya, keindahan dan identitas budaya Desa Kadipaten dapat dikenal oleh khalayak luas dan menjembatani dunia luar dengan kehidupan pedesaan yang kaya akan nilai-nilai luhur. 

Berikut tayangan Etnovideografi tersebut: 


 
Penulis: 
Adysa Destria Putri 

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Ni Kadek Dita Cahyani, S.Si, M.Si, Ph.D.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..