Strategi JITU!! Dukung UMKM memalui Edukasi Branding dan Packaging Menarik untuk Tingkatkan Nilai Jual Produk MPASI dan Nugget Nila - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 09 Agustus 2024

Strategi JITU!! Dukung UMKM memalui Edukasi Branding dan Packaging Menarik untuk Tingkatkan Nilai Jual Produk MPASI dan Nugget Nila

 



Loetju.idPacar, Pekalongan (03/8/2024) - Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2024 yang menjalankan tugas di Desa Pacar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan melakukan edukasi tentang strategi pemasaran untuk penambahan nilai jual melalui branding dan packaging produk dengan menggandeng ibu-ibu PKK Desa Pacar, Tirto.

Acara yang diselenggarakan di kantor Balai Desa Pacar ini berhasil menarik antusias dari 30 anggota PKK. Semangat tinggi dari mereka dalam sesi diskusi yang dipandu oleh tim KKN Undip dapat memberikan kesan menyenangkan untuk kami.  

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja multidisiplin yang disampaikan oleh Ira Cindy Dwi Cahya, Mahasiswi Teknologi Hasil Perikanan Universitas Diponegoro. Materi yang disampaikan seputar dengan pentingnya desain label dan logo packaging yang tepat  untuk dapat meningkatkan daya tarik konsumen serta harga jual produk. 

Sebagai hasil dari Focus Group Discussion, terdapat produk buatan tim KKN yaitu MPAsi dan nugget dari ikan nila yang bergizi dengan memanfaatkan sumber daya lokal Desa Pacar. Nama produk baru yang mudah diingat yaitu “MPAsi Ikan Nila untuk Si Kecil dan Fish Nugget”, yang diharapkan dapat menjadi identitas produk agar lebih dikenal oleh masyarakat.
 

Selain pemberian materi, kegiatan ini juga diisi oleh pemberiaan contoh logo dan label pada produk ke setiap ibu-ibu PKK yang hadir. Penjelasan materi berupa ciri-ciri kemasan, pembuatan desain guna membangun branding yang mudah diingat oleh konsumen dan kegiatan pemasaran melalui media visual, promosi dan pemasaran langsung yang disesuaikan dengan konsumen.

"Saya kali ini mendapatkan pengetahuan baru mengenai pemilihan warna dan bentuk logo itu ada ilmunya. Tak sangka hal tersebut bisa mempengaruhi ketertarikan konsumen terhadap produk kita sebelum mencicipinya" ungkap Bu Lis, salah satu anggota PKK Desa Pacar.

Kemasan didominasi oleh warna-warna cerah dan gambar karakter anak-anak yang lucu. Tampilannya yang menarik membuat produk ini mudah dikenali. Selain itu, kemasan juga dilengkapi dengan informasi nutrisi yang lengkap dan petunjuk penyajian yang mudah dipahami.

“saya berharap potensi lokal kita seperti adanya budidaya ikan nila sebagai bahan baku pembuatan nugget dan MPAsi tidak hanya menjadi konsumsi monoton, tetapi juga dapat menjadi ide dalam sumber pendapatan bagi ibu-ibu PKK. Ungkap Ira Cindy, selaku anggota KKN.  




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..