TERTIB ADMNISTRATIF BERUSAHA: TIM II KKN UNDIP Gelar Pengenalan dan Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha di Kelurahan Lalung - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

TERTIB ADMNISTRATIF BERUSAHA: TIM II KKN UNDIP Gelar Pengenalan dan Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha di Kelurahan Lalung

 
KKN TIM II UNDIP MENYELENGGARAKAN Pendampingan 
dan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada beberapa Pelaku UMKM
 di Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar pada Kamis 25 Juli 2024.
(Foto Dokumentasi Pribadi)

Loetju.idKaranganyar – Universitas Diponegoro (UNDIP) menyelenggarakan kegiatan pengenalan dan pendampingan pembuatan NIB di lingkungan sekitar Kelurahan Lalung pada Kamis (25/07). Kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian dari program kerja monodisplin KKN guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya pembuatan NIB dalam menjalankan kegiatan usaha bagi beberapa pelaku UMKM di Kelurahan Lalung.

Kegiatan ini dilakukan melalui metode door to door, yakni dengan mengunjungi langsung beberapa pelaku UMKM di lingkungan sekitar Kelurahan Lalung. Para partisipan terlihat sangat antusias dan terbuka ketika mengikuti kegiatan pengenalan serta pendampingan pembuatan Nomor Induk Berusaha. Pada tahap pengenalan Nomor Induk Berusaha (NIB) juga disertai dengan pemaparan beberapa dasar hukumnya, salah satunya yakni Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik

“Besar harapan saya terhadap penyelenggaraan kegiatan ini karena Nomor Induk Berusaha merupakan hal penting yang perlu dimiliki oleh para pelaku usaha, khususnya bagi pelaku UMKM. Oleh sebab itu, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran para pelaku UMKM untuk mengenal serta berkenan untuk ikut serta dalam kegiatan pendaftaran NIB melalui OSS.”  Ujar Aldi, salah satu anggota TIM KKN UNDIP yang sedang bertugas di Kelurahan Lalung.

Menurut salah satu partisipan, Asep, mengungkapkan bahwa kegiatan pengenalan dan pendampingan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) sangat bermanfaat. “Terima kasih Mas dan Mba KKN yang telah membantu masyarakat, khususnya bagi pelaku UMKM di Kelurahan Lalung. Kami sangat terbantu dengan kegiatan positif ini. Semoga dengan adanya acara pengenalan dan pendampingan pembuatan NIB ini, bisa mendukung kegiatan usaha masyarakat di Kelurahan Lalung. Selain itu, kami sangat terbantu dengan adanya pendampingan pembuatan NIB yang saat ini bisa dilakukan melalui OSS.”  Katanya.

Selain memberikan edukasi, TIM KKN UNDIP di Kelurahan Lalung juga membagikan poster yang terdiri dari beberapa informasi seputar Nomor Induk Berusaha (NIB). Dengan adanya media cetak tersebut, diharapkan masyarakat lebih mudah mengingat dan menyebarkan informassi yang mereka dapatkan kepada orang lain. 

 
Kegiatan tertib administratif berusaha melalui Nomor Induk Berusaha (NIB) merupakan salah satu upaya konkret dari TIM KKN UNDIP yang sedang bertugas di Kelurahan Lalung guna mengembangkan dan meningkatkan kegiatan usaha masyarakat, khususnya bagi pelaku UMKM dalam menjamin legalitas usahanya di era digitalisasi seperti saat ini.
 


Penulis: Aldi Mulyadi

DPL: 
Zaenul Muhlisin, S.Si., M.Si., F.Med. & Umaira Hayuning Anggayasti, S.H.,M.Kn

Lokasi : Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..