Tingkatkan Daya Saing Usaha Lokal! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Lakukan Pemberdayaan UMKM Desa Bulu melalui Digital Marketing - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 11 Agustus 2024

Tingkatkan Daya Saing Usaha Lokal! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Lakukan Pemberdayaan UMKM Desa Bulu melalui Digital Marketing

Kegiatan Pembahasan Terkait Digital Marketing

Loetju.id - Pemalang, Indonesia, 12 Agustus 2024. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (Undip) mengundang para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Bulu, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang agar dapat memanfaatkan digitalisasi untuk memperbesar pemasaran usaha mereka. Pemberdayaan dilaksanakan dengan memberikan pemahaman terkait digital marketing dan proses transaksi online yang aman, serta melakukan pendampingan terkait pendaftaran toko online untuk sarana pemasaran yang lebih luas bagi pelaku UMKM.

Digital marketing merupakan proses pemasaran maupun promosi suatu brand, produk, maupun jasa yang dilakukan melalui media digital dan membutuhkan jaringan internet dalam kegiatannya. Saat ini, digital marketing menjadi cara baru suatu pelaku usaha untuk menjangkau konsumen. Melalui digital marketing, pelaku usaha mampu memanfaatkan beragam tools digital baik secara fisik maupun non-fisik.

Jumlah Pelaku UMKM di Desa Bulu cukup signifikan, dengan lebih dari 200 pelaku Usaha yang terbagi dalam 2 dusun. Namun, pemasaran secara digital masih kurang optimal karena banyak UMKM yang belum meenggunakan media sosial atau e-commerce untuk memasarkan produk mereka. Oleh karena itu, KKN TIM II Undip Desa Bulu, mengadakan pemberdayaan kepada pelaku UMKM Desa Bulu dalam menjalankan serta mencoba penggunaan digital marketing. Selain melakukan pendampingan pendaftaran usaha online, mereka juga memberikan leaflet tentang digital marketing yang memuat tentang stratregi dan cara pemasara, pengemasan, dan juga cara pembayaran digital yang aman.
 

Pendampingan Pembuatan Platform Online 
untuk Meningkatan Pemasaran UMKM

Pada saat pendampingan dijelaskan sekaligus melakukan praktik secara langsung kepada para pelaku UMKM. Di antaranya praktik cara membuat desain di Canva, praktik pengelolaan toko online agar terlihat menarik oleh konsumen. Respon para pelaku UMKM yang belajar digital marketing sangat positif. Mereka aktif terlibat dalam kegiatan dengan mengajukan sejumlah pertanyaan dan berdiskusi secara terbuka terkait pemahaman digital marketing yang dibawakan.

Melalui kegiatan yang dilakukan, diharapkan para pelaku UMKM di Desa Bulu dapat terus berkembang secara digital, sehingga dapat meningkatkan branding dan memperluas target pasar. Program ini juga diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Buludalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..