Transformasi Desa Digital: Mahasiswa KKN Tim II Undip Melakukan Optimalisasi Website Desa sebagai Jendela Informasi - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 08 Agustus 2024

Transformasi Desa Digital: Mahasiswa KKN Tim II Undip Melakukan Optimalisasi Website Desa sebagai Jendela Informasi

  
Gambar 1 - KKN TIM II Universitas Diponegoro 
melakukan optimalisasi website desa sebagai jendela informasi 
di Desa Kadipaten, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan,
Senin (05/08/2024) (foto: dokumentasi pribadi) 



Loetju.id - Pekalongan, Senin (05/08/2024) - KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan program optimalisasi website desa sebagai jendela informasi.

Menilik dari perkembangan digital saat ini yang kian pesat, hadirnya website desa menjadi penting untuk keberlangsungan proses pemberian pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat. 

Berdasarkan kegiatan observasi lapangan di Kantor Kepala Desa Kadipaten, kondisi aktual pada Desa Kadipaten sudah memiliki website yang tersedia, namun belum dikelola secara optimal oleh perangkat desa.

Sebagai upaya dalam melaksanakan transformasi desa menuju era digital, mahasiswa KKN TIM II Undip memiliki inisiatif untuk melakukan optimalisasi website desa. Hal tersebut bertujuan agar website desa dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan dapat membangun desa digital secara berkelanjutan.

Kegiatan yang dilakukan oleh Satria Arkhanta selaku mahasiswa KKN dari program studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro dengan meningkatkan konten website yang lebih informatif dan relevan, seperti kegiatan masyarakat, potensi desa, hingga laporan anggaran desa yang dapat diakses secara transparan.
Selain itu, penambahan informasi dan layanan pada website desa juga meliputi peta administrasi, peraturan desa, dan infografis kependudukan Desa Kadipaten. 

Gambar 2 - Tampilan Halaman Utama Website Desa Kadipaten, 
Senin (05/08/2024) (foto: dokumentasi pribadi)
 

Optimalisasi pada website Desa Kadipaten ini menjadi sumber informasi yang dapat diakses oleh masyarakat pada setiap unsur yang berkaitan dengan desa. Hal tersebut menjadi langkah dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa.

Pelaksanakan kegiatan optimalisasi website desa didukung penuh oleh Pemerintah Desa Kadipaten sebagai wujud awal meningkatkan kualitas pelayanan publik agar lebih efisien dan efektif.

“Rencana dalam melakukan optimalisasi website desa ini sangat membantu kami (perangkat desa) untuk menyebarkan informasi yang dapat diakses masyarakat,” ujar Nahnu Sujatko selaku Sekretaris Desa Kadipaten.

Harapannya dari program optimalisasi website desa dapat meningkatkan kinerja Pemerintah Desa Kadipaten untuk memberikan pelayanan prima dan memudahkan masyarakat untuk mengakses sumber informasi dengan mudah, cepat, dan berkelanjutan.

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro pada kegiatan “Transformasi Desa Digital, Mahasiswa KKN Tim II Undip Melakukan Optimalisasi Website Desa sebagai Jendela Informasi”.




Penulis: 
Satria Arkhanta 
Mahasiswa Administrasi Publik Angkatan 2021

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Ni Kadek Dita Cahyani, S.Si, M.Si, Ph.D.

Lokasi:
Desa Kadipaten
Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..