Warga Siap Mitigasi Banjir Rob! Mahasiswa Undip Melakukan Edukasi Mengenai Banjir Rob dan Mitigasinya – KKN Tim II Undip 2023/2024 - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Warga Siap Mitigasi Banjir Rob! Mahasiswa Undip Melakukan Edukasi Mengenai Banjir Rob dan Mitigasinya – KKN Tim II Undip 2023/2024

 


Loetju.id - Kab. Pekalongan (5/8/2024) – Kabupaten Pekalongan sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang berada di wilayah pesisir dengan topografi yang landai merupakan kawasan yang sangat rawan terhadap kenaikan air laut. Pada bulan Mei 2018, Kabupaten Pekalongan mengalami banjir rob yang tingginya mencapai 100 cm, sedangkan jalan-jalan di desa terendam banjir rob dengan ketinggian 50 cm. Masalah banjir rob bukanlah masalah baru bagi Kabupaten Pekalongan khususnya di bagian utara. 

Berdasarkan penelitian sebelumnya bahwa adanya kenaikan muka air laut dan adanya penurunan muka tanah yang menyebabkan Kabupaten Pekalongan menjadi salah satu daerah yang rentan terkena genangan rob. Bencana tersebut membawa dampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan yang berada di sekitarnya seperti terendamnya sawah dan ladang yang membuat warga mengalihfungsikan sawah lahan garapannya menjadi tambak karena apabila dipaksakan, tanaman padi tidak akan maksimal hasilnya.

 
Poster Banjir Rob dan Mitigasinya

Amelia Muna Haliza merupakan salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip yang melakukan edukasi banjir rob dan edukasinya melalui poster secara door to door ke warga Desa Pacar, Kab. Pekalongan. Selain itu, poster mengenai banjir rob ini juga ditempelkan ke beberapa tempat umum seperti kantor kecamatan, kantor kepala desa, balai desa, dan sekolahan di Desa Pacar. Dengan adanya pengedukasian ini, diharapkan warga Desa Pacar dapat meningkatkan kesadaran, memperkuat kesiapsiagaan, dan mendorong partisipasi mitigasi banjir rob.

Menurut Amel, pengedukasian ini dapat memberikan informasi tambahan mengenai banjir rob dan cara memitigasinya untuk meminimalisir dampak negatif banjir rob yang mengganggu sarana prasarana desa. Manfaat lain dari adanya program kerja ini adalah mewujudkan SDGs (Sustainable Development Goals). Diharapkan warga Desa Pacar dapat memitigasi bencana banjir rob jika banjir rob terjadi kembali di Desa Pacar.



Penulis : 
Amelia Muna Haliza 
(Oseanografi – 26050121130038)

DPL
Nenik Woyanti, S.E., M.Si.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..