Waspada Anemia Bagi Remaja Putri, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 Melaksanakan Program Pendidikan Kesehatan Tentang Anemia Pada Remaja Putri Pada Saat Menstruasi - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 08 Agustus 2024

Waspada Anemia Bagi Remaja Putri, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 Melaksanakan Program Pendidikan Kesehatan Tentang Anemia Pada Remaja Putri Pada Saat Menstruasi




Loetju.id - Blagung (02/08/2004) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) 2024/2025 yang berada di Desa Blagung, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali melakukan sosialisasi dan membagikan Tablet Tambah Darah (TTD) di MTS Muhammadiyah 04 Blagung. Yang mana Program Kerja Monodisiplin ini milik saya sendiri Nayala Nararia Nabila dari Jurusan Kesehatan Masyarakat. Pada kegiatan ini membahas mengenai anemia mulai dari pengertian dan pencegahannya, kemudian juga membahas mengenai siklus menstruasi normal dan tidak normal lalu dilanjut dengan pembagian Tablet Tambah Darah (TTD). 

Anemia merupakan suatu kondisi tubuh dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah lebih rendah dari normal (WHO, 2011). Untuk Perempuan normalnya yaitu ≥ 12g/dl sedangkan untuk laki-laki yaitu ≥ 13 g/dl. Remaja putri mempunyai risiko 10 kali lebih besar terkena anemia, hal ini dikarenakan remaja putri mengalami menstruasi pada setiap bulannya dan mengeluarkan darah dalam jumlah yang banyak. Siklus haid yang normal yaitu pada interval waktu 21-35 hari dan bisa berlangsung selama 2-7 hari. Defisiensi zat besi merupakan factor utama penyebab anemia.


Kegiatan sosialisasi dan pembagian Tablet  Tambah Darah (TTD) dilaksanakan pada hari Jum’at, 02 Agustus 2024, pelaksanaannya di MTS Muhammadiyah 04 Blagung dengan jumlah audience sebanyak 28 siswi. Isi dari kegiatan ini yaitu yang pertama melakukan penyampaian materi mengenai anemia mulai dari pengertian dan cara pencegahannya lalu dilanjut juga materi tentang menstruasi kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, pada sesi tanya jawab banyak siswi yang antusias untuk bertanya mengenai materi yang sudah dipaparkan mulai dari siklus haid yang tidak normal, badan terasa sakit pada saat pramenstruasi dan pasca menstruasi, dan salah satu penyebab dari anemia. Setelah dilakukan pemaparan materi dan sesi tanya jawab kemudian dilakukan pembagian Tablet Tambah Darah (TTD). 

Anemia dapat ditandai dengan 5L (Lemah, letih, lesu, lunglai dan Lelah), sering ,mengeluh pusing dan mata berkunang-kunang, untuk gejala lebih lanjut yaitu kelopak mata, bibir, lidah, kulit dan telapak tangan menjadi pucat. Pada anemia dapat dicegah dengan meningkatkan makanan bergizi seperti makan makanan yang banyak mengandung zat besi dari bahan makan hewani dan nabati kemudian menambah pemasukan zat besi kedalam tubuh dengan minum tablet seperti Tablet Tambah Darah (TTD).  Untuk tata cara mengkonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) yang benar yaitu 1 hari 1 tablet jika sedang menstruasi sedangkan untuk yang tidak menstruasi yaitu 1 minggu 1 tablet. 




Penulis : 
Nayala Nararia Nabila

Fakultas : 
Kesehatan Masyarakat 

DPL KKN
Mohammad Nurul Huda, S.AP., MPA

Lokasi KKN : 
Desa Blagung
Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali

Editor :
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..