WORKSHOP SADAR HUKUM: TIM KKN II UNDIP Gelar Workshop Pencegahan Cyber Bullying di Kelurahan Lalung - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

WORKSHOP SADAR HUKUM: TIM KKN II UNDIP Gelar Workshop Pencegahan Cyber Bullying di Kelurahan Lalung

 

KKN TIM II UNDIP MENYELENGGARAKAN Workshop 
Pencegahan Cyber Bullying di Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, 
Kabupaten Karanganyar pada Kamis 27 Juli 2024.
(Foto Dokumentasi Pribadi)

Loetju.idKaranganyar – Universitas Diponegoro (UNDIP) Workshop Sadar Hukum yang berfokus pada pencegahan cyber bullying di lingkungan sekitar Kelurahan Lalung pada Sabtu (27/07). Kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian dari program kerja monodisplin KKN guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan cyber bullying dan dampaknya terhadap orang yang menjadi korban, khususnya kepada anak-anak dan pemuda Karang Taruna di Kelurahan Lalung.

Kegiatan ini dilakukan melalui diskusi forum, yakni dengan mengundang anak-anak dan pemuda karang taruna yang ada di lingkungan sekitar Kelurahan Lalung. Para partisipan terlihat sangat antusias dan semangat serta sangat terbuka dalam melakukan diskusi yang berkaitan dengan pencegahan cyber bullying. Pada tahap pemaparan materi juga disertai dengan berbagai macam bentuk cyber bullying, penyebabnya, serta pencegahannya. Selain itu, workshop tersebut juga diiringi dengan quiz dan games kepada anak-anak, sehingga kegiatan tersebut menjadi sangat meriah.

“Besar harapan saya terhadap penyelenggaraan kegiatan ini karena cyber bullying sudah menjadi masalah yang serius dan memiliki dampak jangka panjang, khususnya bagi anak anak yang belum menyadari adanya tindakan perundungan di dunia maya. Oleh sebab itu, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran para anak dan pemuda Karang Taruna akan pentingnya pencegahan Cyber Bullying di Kelurahan Lalung.”  Ujar Aldi, salah satu anggota TIM KKN UNDIP yang sedang bertugas di Kelurahan Lalung.

Menurut beberapa partisipan Kenzi dan Vino mengungkapkan bahwa kegiatan Workshop sadar hukum dalam pencegahan cyber Bullying sangat bermanfaat. “Terima kasih kakak-kakak KKN yang telah membantu anak-anak dan pemuda karang taruna di Kelurahan Lalung dalam memberikan edukasi terkait dengan pencegahan Cyber Bullying. Kami sangat terbantu dengan kegiatan positif ini. Semoga dengan adanya acara pencegahan Cyber Bullying ini, bisa meningkatkan kesadaran kita semua untuk mencegah dan melawan tindakan tindikan yang tidak baik seperti cyber bullying salah satunya. Selain itu, kami sangat terhibur dengan adanya Workshop Pencegahan Cyber Bullying di Lingkungan Sekitar Kelurahan Lalung yang disertai dengan Quiz dan Games.”  Katanya.
Selain memberikan edukasi, TIM KKN UNDIP di Kelurahan Lalung juga membagikan poster yang terdiri dari beberapa informasi berbagai macam bentuk-bentuk Cyber Bullying. Dengan adanya media cetak tersebut, diharapkan anak-anak dan pemuda Karang Taruna lebih mudah mengingat dan menyebarkan informasi yang mereka dapatkan kepada orang lain. 
 

Kegiatan Workshop Sadar Hukum: Pencegahan Cyber Bullying di Kelurahan Lalung merupakan salah satu upaya konkret dari TIM KKN UNDIP yang sedang bertugas di Kelurahan Lalung guna meningkatkan Kesadaran dan Pemahaman bagi anak-anak serta pemuda Karang Taruna yang berperan sebagai SATGAS mini dalam Program Kerja tersebut dalam mencegah dan melawan Cyber Bullying. 



Penulis: Aldi Mulyadi

DPL: Zaenul Muhlisin, S.Si., M.Si., F.Med. & Umaira Hayuning Anggayasti, S.H.,M.Kn

Lokasi: Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..