Wow Mahasiswi Kelautan UNDIP Mengadakan Edukasi Dan Penyuluhan Mengenai Pentingnya Konsumsi Ikan Untuk Pemenuhan Gizi Tinggi - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Wow Mahasiswi Kelautan UNDIP Mengadakan Edukasi Dan Penyuluhan Mengenai Pentingnya Konsumsi Ikan Untuk Pemenuhan Gizi Tinggi


Pembelajaran Kepada Anak Usia Dini Terhadap Pengenalan Ikan 
dan Kandungan yang Bermanfaat Bagi Tubuh


Loetju.id - Mahasiswi KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) tahun ajaran 2021 dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) prodi Ilmu Kelautan telah melaksanakan program kerjanya. Pada tanggal 28 Juli 2024 tepatnya hari Minggu, Mahasiswi bernama Natasya Sayyidina Nareshwari, bidang Ilmu Kelautan dengan program kerja keilmuannya berupa penyuluhan kepada Ibu dan anak dalam mengenal gizi penting pada hewan terutama ikan. 

Penyuluhan yang diberikan mengenai pengenalan jenis ikan yang dapat dikonsumsi dengan kandungan gizi pada setiap bagian yang dimiliki oleh ikan dan bermanfaat bagi pertumbuhan serta perkembangan tubuh. Terdapat beberapa bentuk pertanyaan yang diberikan kepada anak-anak dengan bentuk gambar dan menghafal, sedangkan pada ibunda diberikan beberapa pengarahan dalam pemilihan ikan yang dapat dikonsumsi dengan kandungan gizi yang sudah dijelaskan serta diberikan modul berupa pertanyaan-pertanyaan mengenai kandungan gizi ikan pada setiap bagiannya. 

Audiens yang merupakan ibu-ibu dan anak-anak mampu menangkap dan memahami dari apa yang disampaikan oleh Natasya Sayyidina Nareshwari, dengan beberapa catatan seperti komunikasi dua arah antara pembicara dan audiens. Beberapa sesi tanya jawab yang dilakukan mendapatkan jawaban yang sesuai dengan apa yang telah disampaikan, salah satunya Sania yang merupakan siswi kelas 6 dari SD Negeri Pacar yang mampu menjawab pertanyaan dari pembicara.

Pembicara: “Ada yang tahu, berapa macam jenis perairan yang sudah kakak sampaikan tadi?”

Sania: “Saya tahu, ada 2 jenis perairan untuk tempat hidup ikan yang pertama jenis perairan laut sama yang ke dua ada jenis perairan tawar:

Pembicara: “Apa sih yang membedakan dari 2 jenis perairan tersebut Sania?”

Sania: “Bedanya kalau air tawar itu tawar, tapi kalau air laut itu air asin.”


Penyuluhan Pentingnya Kandungan Gizi Pada Ikan 
dalam Pemenuhan Gizi Tinggi Kepada Ibu-ibu 


Bentuk pembelajaran yang diberikan tidak terlihat dan lebih mengarah pada hal bercerita dan interaksi, karena beberapa masyarakat yang ada pada wilayah pedesaan masih termasuk minim dalam minat pembelajaran dalam bentuk yang seharusnya.

Harapan yang diinginkan dari adanya program kerja ini, para ibunda dan ananda yang telah mengikuti kegiatan penyuluhan mendapatkan ilmu dan manfaat dari apa yang sudah disampaikan oleh Natasya Sayyidina Nareshwari sebagai pembicara. 




Penulis: 
Natasya Sayyidina Nareshwari

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..