Kembalinya “Awas!!!” Persembahan Sirlord Buzz Menuju Buah Karya Sialan yang Lain - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 13 September 2024

Kembalinya “Awas!!!” Persembahan Sirlord Buzz Menuju Buah Karya Sialan yang Lain






Loetju.id -  Setahun mangkrak dan hilang dari peredaran, di antara berbagai kesialan yang tengah terjadi dan bertepatan dengan The Friday 13th, Sirlord Buzz nekat rilis ulang album ”Awas!!!”.

Komplotan grunge asal Malang, Sirlord BUZZ resmi merilis ulang debut album perdananya yang bertajuk “Awas!!!” pada Jumat, 13 September 2024. Bukan tanpa sebab, pemilihan tanggal tersebut bertepatan dengan fenomena The Friday 13th yang kerap diasosiasikan dengan ketidakberuntungan dan kesialan yang tampak sesuai dengan rangkuman peristiwa-peristiwa dalam album “Awas!!!”.

Merangkap 4 single yang telah lebih dahulu mengudara: “Berdosa”, “Homogen”, “Tanah Semburat” dan “Awas!!!” (Live Session). Album ”Awas!!!” kini dapat kembali didengarkan melalui Spotify, Apple Music, iTunes, dan berbagai platform musik digital lainnya. 

Berisikan 9 lagu serta 1 komposisi instrumental sebagai intro pembuka, album Awas!!! membentang pembatas berlandaskan pendirian hak akan kemerdekaan diri sendiri. Selaku vokalis sekaligus lirikus unit ini, Naufal menegaskan “lirik-lirik yang ditulis di album ini jadi sebuah peringatan buat kita semua bahwa kita berhak untuk memilih jalan kita sendiri. Karena dari kecil kita sudah diintervensi oleh orang dewasa, malahan, sekarang lingkungan juga seakan-akan mengarahkan kita untuk ikut apa yang sedang ramai/tren hanya untuk dapat diterima.”

Secara garis besar album ini menyoroti rasa gelisah, terancam, dan peristiwa adu domba yang kerap didapati di kehidupan yang lalu hingga pada saat ini. Seperti pada lirik lagu “Berdosa” dan “Akal Sehat” yang menceritakan bagaimana kondisi sosial masyarakat saat ini diadu domba oleh kelompok atau individu tertentu hingga timbul hal-hal yang bermuara pada perselisihan tiada ujung. Tema besar dari album ini terletak pada lagu yang berjudul “Awas!!!”, timpal Alifio selaku bassist Sirlord BUZZ.

Dari segi teknis, unit ini tetap menghadirkan kesan distorsi yang rusuh, tabuhan drum yang cenderung cepat ala Grunge dan irama vokal yang menggebu-gebu, sebagaimana Sirlord Buzz yang dikenal oleh para pendengarnya. Naufal menyimpulkan meskipun pada trek “Shut Up” dan “Bunuh Hidupmu, Lalu Pergi” memiliki tempo yang cukup lambat, namun album ini tetap didominasi dengan suasana yang kepalang tegas.

Sirlord BUZZ memberi pertimbangan khusus dalam penataan tracklist Album “Awas!!!”, dengan harapan album ini dapat sampai secara penuh kepada para pendengar. “Saya dan Naufal sudah mengurutkan kesesuaian materi yang ada di album ini dari segi lirik dan single-single yang telah kami rilis lebih dulu sebelum album penuh ini. Kami juga memperhatikan dinamika dari 10 lagu yang terdapat pada album Awas!!!”, ujar Alifio.

Dari sisi artwork, kali ini Sirlord BUZZ berkolaborasi dengan Zufar Adiel seorang ilustrator dari Probolinggo, album ini digambarkan dengan ilustrasi dua bayi yang mengisyaratkan adu domba melalui pesan tersiratnya. “Kalau hanya dibuat secara harfiah dua ekor domba atau dua manusia dewasa, itu terlihat terlalu biasa. Jadi kenapa cover ini tercipta, karena dari kecil kita sudah diberikan stigma tentang banyak hal. Contohnya saja seperti memilih-milih teman mana yang baik dan buruk. Padahal menurutku nakal itu satu-satunya cara kita memperluas sudut pandang tentang apapun tanpa kita ikut terjerumus dalam kenakalan itu tadi. Dari dulu juga kita sebetulnya sudah diadu domba agar kita siap akan bahaya yang datang. Coba saja kalau kita tidak punya jiwa untuk menentang, ujung-ujungnya kita juga bakal terjebak dalam hal-hal menyebalkan entah itu pekerjaan, pertemanan atau apapun. Akhirnya hidup kita bakal monoton, tidak ada yang menarik!”, terang Naufal.

Proses album ini memakan waktu yang terhitung sangat panjang, selama kurang lebih 4 tahun hingga akhirnya siap untuk dilepas. Sesi rekaman dilakukan di kediaman Naufal Bersama Tomo selaku mantan bassist Sirlord BUZZ, setelah selesai direkam materi dimixing dan mastering oleh Rizqytsany.

Berbagai kendala berdatangan dalam proses penggarapan “Awas!!!”. Hal-hal teknis, personal hingga masalah penyempurnaan di sana-sini turut serta menjadi alasan tertundanya album ini.

Sempat lenyap dan mangkrak dari DSP selama satu tahun, Sirlord Buzz memutuskan untuk kembali menayangkan album “Awas!!!” sebagai persembahan menuju pengkaryaan mereka berikutnya. Kini “Awas!!!” dapat kembali didengarkan melalui platform musik digital pada 13 September 2024.

Awas!!! di spotify : https://open.spotify.com/album/0PapSMd9xBAWCkWtqsMQ06?si=rCrEaXm3T_u56relp1twLA

Awas!!! di apple Music : https://music.apple.com/id/album/awas/1766478576?l=id

Sir Lord BUZZ 
Instagram : sirlord.buzz
Twitter : SirlordBUZZ
Youtube : Sirlord BUZZ
Bandcamp : sirlordbuzz.bandcamp.com
Soundcloud : Sir lord BUZZ


Album Details
Artist : Sir lord BUZZ
Album tittle : Awas!!!
Label : Self Published / No Label
Distribution : Uripurup
Release date : 13 September 2024
Format : Digital 
TRACKLIST
1. The Vacant And The Bored**
2. Shut Up
3. Berdosa*
4. Bunuh hidupmu, Lalu pergi**
5. Homogen*
6. Awas!!!*
7. Akal Sehat**
8. Terbakar**
9. Tanah Semburat
10. Step Down**

All track were written by Naufal Addurunnafis & Satrio Arif Utomo, except noted.
* Written by Naufal Addurunnafis
** Written by Satrio Arif Utomo

Produce by: Naufal Addurunnafis & Alifio Kurniawan 
Artwork: Zufar Adiel
All track were recorded, mixed, & mastered at Naufal house & Ex warung Srawung.


Tentang Sir Lord BUZZ
Sir Lord BUZZ adalah Naufal Addurunnafis, Alifio Kurniawan dan Hisyam Jibril Yasin. Adalah sebuah grup band yang mengusung nuansa Grunge dengan berbagai influence, di antaranya Nirvana, Alice in Chain, dan Seattle Sound lainnya. Dengan lirik yang diambil dari kejadian sehari-hari serta kepenulisan dengan kosa kata yang tegas dan mudah dipahami. 



DISKOGRAFI
Berdosa (single) (2018)
Tanah Semburat (single) (2020)
Awas!!! (single “live session”) (2020)
Pertunjukan (2021)

Kompilasi 
Kompilasi Limitless sky by team glasses Australia (2019)

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..