15 Tahun Vakum Akhirnya Veteran Britpop Yogyakarta, Dojihatori rilis Album Baru “Quarter to One” - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 10 Oktober 2024

15 Tahun Vakum Akhirnya Veteran Britpop Yogyakarta, Dojihatori rilis Album Baru “Quarter to One”

 


Loetju.idYogyakarta, 10 Oktober 2024 - Setelah lebih dari 15 tahun vakum, Dojihatori, band Britpop asal Yogyakarta yang digawangi oleh Yuma, Rinto, Windho, Feri akhirnya kembali dengan album penuh mereka, Quarter to One. 

Album Quarter to One adalah rilisan album penuh LP) ketiga oleh Dojihatori yang awalnya terbentuk dari pertemanan Windho dan Rinto semasa masih duduk di bangku SMA. Sebelumnya Dojihatori sudah merilis satu EP, Get Out of Here (2005), dua LP, It’s Too Risky To Take A Day Off (2006) dan I Know You, No Not You (2008) di bawah naungan indie label asal Yogyakarta, Blossom Record.

Album Quarter to One tetap memegang jalur musik britpop yang berakar dari band-band Inggris era 60 an hingga 2000-an, namun dengan sentuhan unik dan segar yang membedakannya dari rilisan album-album sebelumnya. 

Album ini sempat tertunda perilisannya karena materi yang hilang, namun akhirnya ditemukan  kembali pada tahun 2022 dan melalui proses mastering ulang pada tahun 2023.

“Harusnya album ini dirilis 2014, namun karena ada tuntutan pekerjaan dan perubahan fase kehidupan yang mengharuskan pindah ke Melbourne, Australia, maka album ini pun membeku di penyimpanan sampai 2024 kami memutuskan untuk melahirkannya ke dunia,” ujar Windho sang gitaris

Album Quarter to One dimixing oleh Wahyu (Melody Studio), Surya Widodo (Olivine Studio / Aska Audiolab). Kemudian tahap mastering diserahkan ke Cahyono (Zound Lab). Semua proses produksi diproduseri Dojihatori sendiri dan dilakukan di studio rekaman Melody Studio dan Olivine Studio. Lagu - lagu di album ini kebanyakan digubah oleh Windho dan Yuma, namun kali ini Feri sang drummer juga berkontribusi dalam penulisan lirik. Di antaranya lagu “My Oh My” yang kental garage rock ala The Kinks dan merseyside pop ala The Beatles serta lagu “Hope” yang dibalut nuansa “dreamy” dan “psikedelik”. 

Dengan kesuksesan di album Dojihatori sebelumnya “It’s Too Risky Too Take a Day Off” yang berhasil masuk dalam ulasan majalah musik ternama “Rolling Stones Indonesia”, Dojihatori berharap album baru ini bisa diterima khalayak luas, pecinta musik Indonesia, musik Indie, maupun musik independent. Album Quarter to One hadir di semua DSP pada 10 Oktober 2024.


Links: 
Spotify: https://open.spotify.com/intl-id/album/0ODyrkrkpfQUubesR0L07C?si=ILYmPb13S7eJHmbujSS8hA



Tentang Dojihatori
Perjalanan Dojihatori diawali dari sebuah band bernama Magic Pie, dimana 4 personilnya berasal dari SMA yang sama, Barik (vokal), Haps (drum), Rinto dan Windho (gitar). Nama Magic Pie berubah menjadi dojihatori pada tahun 2000 ketika Virji masuk sebagai pemain bass.

Nama Dojihatori terbentuk dari nama-nama personilnya kala itu (winDO, virJI, HAps, rinTO, baRIk). Dikarenakan Barik harus melanjutkan kuliah ke Australia, maka posisi vokalis digantikan oleh Yuma (2003). Di tahun 2006 Haps mengundurkan diri dari posisi drummer dikarenakan masalah keluarga dan posisinya digantikan oleh Feri. Sedangkan Virgi juga terpaksa mundur dari posisinya sebagai pemain bass pada tahun 2010 dikarenakan pekerjaan dan hingga saat ini dojihatori hanya menggunakan additional bassist. Musik dari Dojihatori banyak berorientasi dari jenis musik indie, indie rock dan britpop. 

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..