Ajak Semua Untuk Rileks Dalam Hadapi Masalah, Adurusa Merilis Single "Sans" - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 25 Oktober 2024

Ajak Semua Untuk Rileks Dalam Hadapi Masalah, Adurusa Merilis Single "Sans"




Loetju.idLamongan, 25 Oktober 2024 - Setelah merilis “Ikat” pada Agustus 2024 lalu dengan tema asmara, kini unit reggae soul Lamongan, Adurusa kini melemaskan otot sekejap dengan single terbaru berjudul “Sans”. Emir Salam (vokal), Okky Indraloka (gitar) Taufiq Aulia (bass), Thewa (gitar) dan Maimun Zubair (drum) masih memainkan fusi reggae, dub dan soul dengan lebih santai. 

Dengan maraknya maraknya kasus orang mengakhiri hidupnya dan pembunuhan karena dipicu depresi, Adurusa menanggapi fenomena sosial tersebut dengan satu kata yaitu “Sans” yang juga menjadi judul single terbarunya. Adurusa menganggap bahwa semua manusia cepat atau lambat akan menghadapi masalah, maka lebih baik kehidupan ini dibawa santai.

“Intinya, yang ingin kami sampaikan adalah bahwa akhir-akhir ini di Indonesia sedang musim orang-orang yang putus dalam hidupnya namun direspon dengan terlalu serius. Bahkan, di beberapa kesempatan, sampai mencelakakan dirinya sendiri maupun orang lain. Maka kami pun merespon fenomena tersebut dengan lagu berjudul “Sans” yang seakan mengajak kita semua untuk rehat sejenak. Tiap manusia pasti punya masalah, jadi apa salahnya dipikir sambil santai,”jelas Okky

Penggarapan lagu “Sans” bebarengan dengan single “Ikat” yaitu sekitar Februari 2024. Komposer dan produser “Sans” kali ini adalah Okky Indraloka. Untuk penulisan lirik, duo Emir Salam dan Okky Indraloka berkolaborasi untuk menyusunnya. Penggarapan “Sans” juga melibatkan rekan-rekan lain yaitu keyboard diisi oleh Bima Sakti. Sedangkan, vokal latar diisi oleh Patricia, dan Karina Arin. Semua proses produksi dilakukan di Kandang Rusa Studio dengan proses mixing mastering kembali menggandeng kawan mereka, Dicky.

Setelah perilisan “Sans”, Adurusa masih akan melanjutkan dengan kembali merilis single. Kemudian untuk kegiatan lapangan, Adurusa akan menyelenggarakan showcase dalam waktu dekat. 

Adurusa merupakan proyek musik dari beberapa muda-mudi asal Lamongan, Jawa Timur yang dipertemukan secara tidak sengaja sejak Juni 2023. Dengan latar belakang referensi yang berbeda-beda yang dibawa oleh tiap personilnya, Adurusa sepakat untuk membawakan musik dub reggae/jamaican sound dengan pengaruh blues, soul, dan lovers rock. Elemen-elemen referensi musik tersebut Adurusa coba gabungkan menjadikannya suatu karya yang segar. Beranggotakan Emir Salam (vokal), Okky Indraloka (gitar) Taufiq Aulia (bass), Thewa (gitar) dan Maimun Zubair (drum). Dengan peluncuran single pertama pada  Agustus 2024 ini dan single kedua pada Oktober ini, Adurusa berkomitmen menyusuri langkahnya di dunia kreatif terutama musik.


Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..