Mahasiswa KKN UNDIP, Najib Dwi Wicaksono pada saat menyerahkan banner UMKM Batik Ciprat Bu Dewi kepada perwakilan Bu Dewi, selaku pemilik UMKM Batik Ciprat di rumahnya yang beralamat di Jl Raya Pracimantoro-Wonogiri, Sumber, Kelurahan Puloharjo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri pada Sabtu, (25/01/2025) (Foto: Dokumentasi KKN)
Loetju.id - Kelurahan Puloharjo memiliki UMKM Batik Ciprat Bu Dewi yang merupakan tempat produksi batik ciprat rumahan dengan hasil motif batik yang khas. UMKM ini memiliki potensi untuk berkembang kedepannya, namun tempat tersebut belum memiliki media untuk meningkatkan visibilitas lokasinya. Selain itu, Bu Dewi, selaku pemilik UMKM Batik Ciprat berkeinginan untuk memiliki media penanda lokasi yang menarik. Hal tersebut menjadi latar belakang, Najib Dwi Wicaksono, Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP dari Program Studi S-1 Arsitektur untuk mendesain dan memasang banner UMKM Batik Ciprat.
Program kerja dimulai dengan survei lokasi pemasangan banner guna mengetahui kondisi lingkungan serta menentukan ukuran banner yang sesuai. Setelah itu, Najib berdiskusi dengan Bu Dewi terkait desain banner yang diinginkan serta pesan yang ingin disampaikan melalui banner tersebut, sehingga tidak hanya berfungsi sebagai penanda lokasi, tetapi juga sebagai media yang menunjukkan keprofesionalan dari UMKM Batik Ciprat.
Setelah itu, Najib mulai mencari referensi banner batik yang menarik dan memvisualisasikan desain secara digital menggunakan website desain figma. Dalam proses desain, Najib mempertimbangkan pemilihan warna, pemilihan gaya dan ukuran font agar mudah terbaca, serta elemen visual untuk menambah nilai pesan dan estetika pada banner. Desain banner dibuat menjadi beberapa alternatif yang nantinya akan dipilih oleh pemilik UMKM Batik Ciprat untuk dicetak.
Setelah desain terpilih, proses pencetakan banner dilakukan. Banner yang telah selesai dicetak kemudian diserahkan dan dipasang pada hari Sabtu, 25 Januari 2025 di lokasi UMKM Batik Ciprat Bu Dewi. Banner dipasang pada lokasi strategis agar mudah terlihat oleh calon pelanggan. Hasil banner mendapatkan respon positif dari pemilik UMKM Batik Ciprat karena merasa terbantu dengan adanya banner ini. Haraannya banner ini dapat meningkatkan visibilitas lokasi UMKM Batik Ciprat dan lebih dikenal oleh masyarakat luas dan menarik lebih banyak pelanggan.
Editor:
Achmad Munandar
Achmad Munandar