Profil PaSKI Persatukan Komedian Indonesia Wadah Untuk Seniman Lawak - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 26 September 2023

Profil PaSKI Persatukan Komedian Indonesia Wadah Untuk Seniman Lawak

 


Loetju.id - Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PasKi) mempersatukan Komedian Indonesia. PaSKI bisa menjadi ajang silahturahmi dan komunikasi bagi komedian Indonesia.

”Selain itu dengan adanya PaSKI para komedian bisa saling bertukar pengetahuan dan juga saling belajar, baik tentang profesi sebagai komedian maupun pendalaman materi-materi untuk kemajuan dunia komedi di Indonesia,” jelas Sekretaris Eko Bebek dalam pers rilisnya, Rabu (23/9)

Dijelaskan, yang tergabung dalam PaSKI adalah para seniman yang bergelut dalam dunia pertunjukan khususnya dibidang komedi. Adapun untuk di Jogja Penasehatnya adalah GKR Condro Kirono, Mas Marwoto Kawer, Mas Susilo Nugroho (Den Baguse Ngarso). Sedangkan Ketuanya adalah Wisben Antoro, Wakil Anang Batas dan Allit Jabang Bayi. Sekretaris Eko Bebek dan Bendahara Hendro Plered. ”Untuk PaSKI Pusat Ketua Umum Jarwo Kwat,” tuturnya.

Eko menjelaskan, kegiatan saat ini sedang dipersiapkan tentang rencana jangka pendek, menengah, jangka Panjang. ”Untuk sementara ini kami sedang pemantapan keanggotaan dan juga pembenahan dalam tubuh organisasi sebagai pondasi merealisasikan program yang kami susun,” jelasnya.

Harapannya adalah bisa menjadi ajang para komedian bisa meningkatkan kegiatan yang berhubungan dengan komedi yang ada di DIJ. ”Selain itu semoga PaSKI bisa berkembang menjadi satu bentuk organisasi yang bisa memberikan kotribusi kepada anggotanya dan juga bagi masyarakat penikmat komedi,” ungkapnya. (obi/ila)


Sumber: https://radarjogja.jawapos.com/seni-budaya/65744725/paski-persatukan-komedian-indonesia


Salah satu program kerja PaSKI adalah ANUKOM yang sudah terselenggara tiga kali. Anugerah Komedi Indonesia (sering disingkat ANUKOM) adalah penghargaan tahunan bagi insan komedian di Indonesia yang diadakan atau diselenggarakan oleh komunitas komedi Indonesia yakni PaSKI (Persatuan Seniman Komedi Indonesia) setiap tahunnya. Penghargaan ini pertama kali diadakan pada tahun 2021 dan disiarkan oleh TVRI. Pada tahun 2022 dan 2023, ANUKOM mulai ditayangkan oleh iNews.


Sejarah ANUKOM
Anugerah Komedi Indonesia mulai diselenggarakan yang pertama kalinya pada tahun 2021 oleh PaSKI. PaSKI menilai bahwa komedi di Indonesia memerlukan suatu ajang pemberian penghargaan yang dapat menjadi rumah dimana seniman komedian Indonesia mendapatkan apresiasi atas kerja kerasnya dalam menghibur masyarakat Indonesia. Karena sebelumnya, tak pernah ada suatu acara ajang penghargaan yang dikhususkan untuk para komedian Indonesia.


Sistem penilaian ANUKOM
Pada Anugerah Komedi Indonesia yang pertama ditahun 2021, setiap kategori yang ada para pemenangnya ditentukan dan dinilai oleh dewan juri yang telah ditunjuk langsung dari PaSKI.

Namun, mulai tahun 2022 sejak ANUKOM ditayangkan di iNews, ada dua macam penghargaan pada satu kategori yang sama, yang dibedakan dengan nama "Terpilih" dan "Terfavorit". Untuk penghargaan kategori terpilih adalah penghargaan yang dipilih dan dinilai langsung oleh dewan juri yang ditunjuk PaSKI seperti ANUKOM tahun sebelumnya. Sedangkan untuk penghargaan kategori Terfavorit dipilih berdasarkan voting yang dapat dipilih langsung oleh para penonton yang dilakukan votingnya berhari-hari sebelumnya, sebelum acaranya berlangsung.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..