Cegah Ketergantungan Smartphone pada Anak, Mahasiswa KKN Tematik Undip Lakukan Sosialisasi Penggunaan Smartphone Secara Sehat pada Sasaran Ibu PKK di Wilayah Kelurahan Padangsari - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 19 Desember 2023

Cegah Ketergantungan Smartphone pada Anak, Mahasiswa KKN Tematik Undip Lakukan Sosialisasi Penggunaan Smartphone Secara Sehat pada Sasaran Ibu PKK di Wilayah Kelurahan Padangsari

 
Balai Pertemuan RT06/RW03 Kelurahan Padangsari, 
Kecamatan Padangsari, Kota Semarang


Loetju.idSemarang (18/12/2023) – Salah satu wujud dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dhama Perguruan Tinggi adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan serta pemahaman masyarakat dalam menanggapi sebuah permasalahan tertentu. Selain itu, melalui kegiatan KKN tematik ini mahasiswa juga belajar untuk mengetahui berbagai karakteristik dari masyarakat dan berusaha menemukan solusi dalam membantu masyarakat mengatasi permasalahan yang ada di lingkungannya.

Penggunaan smartphone pada anak di era digital seperti saat ini, sudah dapat dikategorikan sebagai hal lumrah dan mudah dijumpai di berbagai tempat. Mirisnya banyak penggunaan smartphone atau gadget pada anak yang tidak disertai dengan adanya bimbingan atau pengawasan dari orang tua. Alhasil anak dapat berisiko ketergantuangan atau kecanduan untuk menggunakan smartphone terus-menerus. 

Resiko radiasi pada mata akibat paparan radiasi sinar bluelight dari smartphone, gangguan pada pola tidur anak hingga insomnia, serta potensi obesitas akibat rendahnya aktivitas fisik merupakan masalah kesehatan yang dapat terjadi jika anak ketergantungan untuk menggunakan smartphone. Tidak hanya pada masalah kesehatan fisik saja, kondisi psikologis serta kognitif anak yang masih berada pada tahap  pertumbuhan dan perkembangan juga dapat terganggu. 

Banyak kasus pasien rumah sakit jiwa anak-anak yang perlu menjalani terapi psikologis disebabkan karena mereka terus-menerus menggunakan smartphone sampai lupa waktu. Bahkan mereka juga tidak takut untuk mencelakai orang tuanya sendiri jika tidak diberikan smartphone. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, tentunya orang tua harus mampu untuk menemukan solusi agar sang anak terhindar dari perilaku ketergantungan smartphone.

Dari permasalahan tersebut, salah satu mahasiswa dari Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Diponegoro melaksanakan program monodisiplin di wilayah Kelurahan Padangsari, khususnya di RW 13/ RT 6 yang berjudul ‘Sosialisasi Penggunaan Smartphone Secara Sehat pada Anak’. Sasaran atau target dari program tersebut adalah ibu-ibu PKK yang bertujuan agar pengetahuan dan pemahaman mereka terkait penggunaaan smartphone secara sehat pada anak dapat meningkat. Selain itu, dengan program ini diharapkan ibu-ibu tersebut akan senantiasa mendampingi serta mengawasi sang anak ketika menggunakan smartphone.
 
Kegiatan Sosialisasi Penggunaan Smartphone secara Sehat 
pada Anak dengan sasaran ibu - ibu PKK


Audiens yang hadir dalam kegiatan sosialisasi antusias dalam memberikan pertanyaan serta tanggapan dari materi yang sudah diberikan. Kegiatan dapat dikatakan berlangsung interaktif karena pemateri dan audiens melakukan komunikasi dua arah atau timbal balik. Di akhir sesi terdapat pula pembagian luaran berupa sticker informatif yang berisi tiga tips atau cara yang perlu dilakukan orang tua ketika anak menggunakan smartphone. Diharapkan dengan adanya pemberian sticker informatif tersebut orang tua dapat selalu mengingat hal yang perlu dilakukan dalam mencegah perilaku ketergantungan smartphone pada anak.

Luaran program berupa sticker informatif
 


Penulis: 
Rahmatu Hadijah

Editor:
Achmad Munandar

DPL: 
Nurhasmadiar Nandini, S.KM., M.Kes dan Adnan Fauzi, S.T., M.Kom

Lokasi KKN-T: 
Kelurahan Padangsari, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..