Edukasi Gangguan Menstruasi: Mahasiswa KKN Tematik Undip Berikan Edukasi kepada Siswa SMPN 12 Semarang - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 20 Desember 2023

Edukasi Gangguan Menstruasi: Mahasiswa KKN Tematik Undip Berikan Edukasi kepada Siswa SMPN 12 Semarang

 


Loetju.idPerempuan seringkali merasakan sakit pada bagian perut, punggung, dan dada pada saat sedang mengalami menstruasi. Walaupun tidak semua perempuan merasakan hal yang sama pada saat menstruasi, namun beberapa perubahan atau gangguan ketika menstruasi adalah hal yang normal. Keadaan yang dialami seseorang saat menstruasi tidak harus persis sama dengan yang lain. Artinya ada variasi siklus menstruasi, lama durasi menstruasi, variasi keadaan yang dialami saat menstruasi dari orang per orang. 

Salah satu gejala yang sering dialami ketika seseorang mengalami menstruasi, yaitu Pre-menstrual Syndrome (PMS). PMS biasanya ditandai dengan adanya perubahan secara fisik, emosi, dan psikologis yang berkaitan dengan siklus menstruasi perempuan dan gejala PMS muncul sekitar 6-10 hari sebelum terjadinya menstruasi dan akan menghilang ketika menstruasi dimulai. Keparahan dan frekuensi  gejala yang dialami bisa bervariasi. Gejala yang paling paran di antaranya iritabilitas emosional dan tingkah laku, depresi, gelisah, kelelahan, pembengkakan dan rasa tidak nyaman pada payudara dan nyeri di daerah perut. Berdasarkan laporan WHO (World Health Organization), PMS memiliki prevalensi lebih    tinggi di negara-negara Asia dibandingkan dengan negara-negara Barat.

Selain Pre-menstrual Syndrome (PMS), terdapat jenis gangguan menstruasi yang disebut PMDD (Pre-menstrual Dysphoric Disorder) atau Gangguan Disforik Pra-menstruasi. Gejala PMDD meliputi seluruh gejala PMS tetapi memiliki tingkat keparangan yang lebih tinggi. Pada kondisi ekstrim, penderita PMDD sampai merasakan keinginan untuk bunuh diri. PMDD terjadi pada 3%-9% wanita (Massachusetts General Hospital Center for Women’s Mental Health, 2016).

Meskipun gangguan menstruasi kerap dialami oleh perempuan, tetapi kebanyakan perempuan yang berusia remaja, terutama remaja usia sekolah, belum memiliki pengetahuan yang baik terkait hal tersebut. Maka dari itu, melalui Program KKN Tematik, salah satu mahasiswa dari Tim KKN Tematik Universitas Diponegoro, Nayla Ayuni Nadhira, melakukan edukasi tentang Gangguan Menstruasi dan Cara Pencegahannya kepada Siswa Kelas 7 SMPN 12 Semarang yang dilaksanakan pada Kamis, 16 November 2023 di SMPN 12 Semarang.
 
Pelaksanaan edukasi menggunakan metode presentasi yang dilanjutkan dengan diskusi serta tanya jawab. Para siswa laki-laki masih beranggapan jika pengetahuan terkait gangguan menstruasi hanya untuk para siswi perempuan, padahal pengetahuan tentang hal tersebut juga bermanfaat untuk siswa laki-laki guna membantu keluarga, saudara, dan teman yang sedang mengalami sakit akibat gangguan menstruasi tersebut.

Pemaparan materi terdiri dari perkenalan tentang gangguan menstruasi, definisi, gejala, hingga cara pencegahannya. Para siswa terlihat sangat antusias karena tidak sedikit yang bertanya dan berbagi pengalamannya tentang menstruasi. Kegiatan diakhiri dengan pemberian reward untuk siswa yang aktif bertanya maupun menjawab dan ditutup dengan dokumentasi bersama.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..