Edukasi Personal Hygiene Kepada Siswa Siswi Sekolah Dasar di SDN 05 Srondol Wetan - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 21 Desember 2023

Edukasi Personal Hygiene Kepada Siswa Siswi Sekolah Dasar di SDN 05 Srondol Wetan

 


Loetju.idPersonal Hygiene atau biasa juga disebut kebersihan diri adalah tindakan merawat diri sendiri yang di dalamnya termasuk ke dalam memelihara kebersihan bagian tubuh seperti rambu, mata, hidung, mulut, gigi, dan juga kulit. 

Anak sekolah dasar umumnya belum mengetahu terkait bagaimana mereka harus merawat kebersihan diri mereka. Padahal kebersihan diri atau personal hygiene sangat penting untuk diterapkan sejak dini sejak anak-anak masih duduk di bangku sekolah dasar sehingga dapat menjadi kebiasaan baik hingga mereka dewasa nanti.

Anak sekolah dasar masih sangat rentan untuk dapat terserang penyakit, umumnya penyakit yang menyerang anak sekolah dasar disebabkan oleh anak-anak tidak menjaga kebersihan mereka. Seringnya, kasus sakit perut atau diare menimpa anak-anak sekolah dasar karena mereka tidak menjaga kebersihan diri mereka. Padahal sangat penting untuk dapat selalu menjaga kebersihan diri sehingga anak sekolah dasar tersebut tidak mudah terserang penyakiy.

Berangkat dari uraian masalah tersebut, Ramadhina Azka Divia yang merupakan mahasiswa dari KKN Tematik Universitas Diponegoro yang bertemakan "Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman" melaksanakan program kerja monodisiplin yaitu pemberian edukasi personal hygiene kepada siswa siswi sekolah dasar. Kegiatan edukasi personal hygiene dilaksanakan di SDN 05 Srondol Wetan pada hari Kamis, 14 Desember 2023.

Kegiatan edukasi ini diikuti oleh sebanyak 52 siswa SDN 05 Srondol Wetan. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan pengisian daftar hadir oleh siswa siswi SDN 05 Srondol Wetan. Selanjutnya, dilakukan pembukaan kegiatan dengan melakukan perkenalan dan menyapa para siswa siswi yang ada di kelas. 

Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian edukasi terkait personal hygiene kepada siswa siswi SDN 05 Srondol Wetan dengan menggunakan alat bantu yaitu laptop yang menampilkan power point berisi materi edukasi. Kemudian terdapat sesi untuk games bersama siswa siswi tersebut dan juga pemberian reward kepada siswa siswi yang memenangkan games. Lalu dilanjutkan dengan review materi dengan memberikan pertanyaan seputar materi yang diberikan kepada siswa siswi SDN 05 Srondol Wetan. Terakhir dilakukan penutupan dan juga pembagian snack kepada siswa siswi tersebut serta penempelan poster personal hygiene.

Kegiatan edukasi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan timeline kegiatan yang telah dibuat sebelumnya. Siswa siswi SDN 05 Srondol Wetan terlihat dapat menerima materi yang disampaikan dengan baik. Hal ini nampak dari siswa siswi yang antusias untuk bertanya dan menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan oleh pemateri. Dengan adanya kegiatan edukasi ini diharapkan ke depannya siswa siswi SDN 05 Srondol Wetan dapat menerapkan apa yang telah diedukasikan.



Editor:
Achmad Munandar



Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..